Tingkatkan Kapasitas UMKM Siap Ekspor

  • Bagikan
BI NTT FOR TIMEX WORKSHOP. BI NTT bersama Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) New York menyelenggarakan Workshop dan Pre-Kurasi, untuk UMKM yang memiliki produk kriya dan home decor, di Hotel Sotis Kupang, Minggu (10/3).

BI NTT dan KJRI New York Gelar Workshop

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Dalam rangka mendorong daya saing UMKM untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, melalui peningkatan kapasitas UMKM siap ekspor, BI NTT bersama Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) New York menyelenggarakan Workshop dan Pre-Kurasi, untuk UMKM yang memiliki produk kriya dan home decor, di Hotel Sotis Kupang, Minggu (10/3).

Kegiatan Workshop dan Pre-Kurasi ini dilaksanakan dalam rangka upaya KJRI New York menghadirkan produk kriya Indonesia melalui pameran dagang Shoppe Object New York City (SO NYC) Summer 2024 yang akan diselenggarakan di New York, pada 4-6 Agustus 2024.

Mengingat potensi produk turunan dari NTT memiliki produk yang cukup potensial, maka perlu dilakukan kurasi dan sharing informasi mengenai seluk beluk pasar luar negeri, terutama di Amerika Serikat.

Adapun acara akan dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Maret 2024 di Hotel Sotis, Kupang, yang akan melibatkan 20 UMKM di NTT dan juga Dekranasda Prov. NTT dan Belu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati mengapresiasi dan berterimakasih atas inisiasi KJRI New York untuk menggandeng Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT (KPw BI NTT) dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Agus mengatakan bahwa potensi dan keunggulan tenun NTT dari segi motif hingga bahan memang perlu didorong untuk segmen pasar yang lebih besar, yaitu nasional dan global.

Oleh karena itu, Agus juga menambahkan, UMKM yang diundang pada acara ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, sehingga ke depan para UMKM dapat meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas dan kuantitas produksi.

Pada workshop ini, Kurator home decor, Mrs. Jennifer Isaacson didampingi Konsul Muda Ms. Amanda Himawan membawakan materi mengenai ketentuan ekspor-impor, orientasi pasar luar negeri identifikasi pasar, tahapan proses desain (branding,logo design, merchandising), cara menentukan harga, standarisasi produk dan lain-lain.

Kurator Jennifer Isaacson juga berkesempatan untuk melihat beberapa produk UMKM NTT sebagai kandidat produk yang layak untuk masuk pasar AS melalui SO NYC. (thi)

  • Bagikan