Sumtim Konsisten Jalin Kerja Sama dengan Media

  • Bagikan
RESTI SELI/TIMEX PKS. Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing bersama Ketua DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq serta Kadis Kominfo Sumba Timur, Syane Tamu Ina usai penandatanganan PKS bersama Timor Express yang dihadiri oleh Pemred Timor Express, Marthen Bana dan Manajer Advertorial, Yoppy Lati di Kupang, Senin (25/3).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) melaksanakan perjanjian kerja sama bersama tiga media di Provinsi NTT, yakni Timor Express, Pos Kupang dan Victory News, Senin (25/3).

Penandatangan PKS berlangsung di kantor Pos Kupang, dihadiri oleh Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing dan Ketua DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq serta didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Sumba Timur, Syane Tamu Ina dan jajaran.

Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing pada kesempatan itu mengatakan, kerja sama merupakan bagian dari komitmen bersama antara pemerintah dengan media sebagai kontrol sosial terhadap fenomena yang terjadi.

"Bagi pemerintah ini adalah kebutuhan bersama. Kami mengakui media hadir untuk melakukan kontrolnya," ungkap Khristofel.

Menurutnya, dalam masa kepemimpinannya, apabila ada kritikan dari media, hal itu merupakan bagian dari motivasi yang memacu pemerintah untuk bekerja lebih baik lagi. Dikatakan, dalam sidang penentuan anggaran pun, sudah ada kesepakatan untuk kerja sama ini.

"Kami di sidang tidak pernah mengutak-atik yang berkaitan dengan kerja sama ini. Sudah ada kesepakatan bahwa kita butuh ini," katanya.

Ia berkomitmen agar kerja sama ini terus dibangun dan diperluas ke depan. Misalnya, tidak sekadar kerja sama dalam pemberitaan, melainkan juga ada item-item lainnya.

"Tapi diperluas dalan hal yang lebih, misalnya berkaitan dengan Infokom, cara menulis yang baik bagi ASN di Humas/Protokol dalam mensupport data dan sebagainya," tandasnya.

Sementara, Ketua DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq menyampaikan, dewan terus mendorong kerja sama antara pemda dengan media. Bahkan, dalam diskusi anggaran pun sudah ada di pos yang tidak diganggu gugat.

"Tidak ada satu hari tanpa media liput. Memang seperti pemahaman kolektif di DPRD bahwa media ini penting. Kerja sama antara pemda dengan media sangat penting dan harus diteruskan ke depan," tegasnya.

Pemimpin Redaksi Timor Express, Marthen Bana mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Sumba Timur yang selalu konsisten bekerja sama dengan media. Meskipun berganti pimpinan, tetapi kerja sama terus berlanjut.

"Terima kasih karena sepanjang Tiimex berdiri, pemerintah yang konsisten kerja sama dengan media adalah Sumba Timur. Walaupun berganti pimpinan, kerja sama itu terus berlanjut. Ini hal yang baik antara hubungan pemerintah dengan media. Pemerintah memerlukan media dan media juga perlu membangun daerah," jelas Marthen.

Dia meminta maaf apabila selama kerja sama, ada kendala dan hambatan yang membuat kerja sama tidak berjalan lancar. Marthen menegaskan agar ke depan, Timex dapat terus mendukung Pemerintah Sumba Timur dengan lebih lancar lagi.

Pemimpin Redaksi Pos Kupang, Dion B Putra mengatakan, momen ini merupakan sesuatu yang menggembirakan. Sebab, sebagai tuan rumah, bupati dan ketua DPRD hadir membawa saluran berkat.

"Pos Kupang merasa luar biasa menjadi tuan rumah untuk acara yang luar biasa, karena bupati dan ketua DPRD yang sudah datang membawa saluran berkat yang luar biasa," ungkap Dion.

Pemimpin Redaksi Victory News, Stevie Johannes, menyampaikan, Pemerintah Sumba Timur telah bekerja sama dengan Vicotry News dalam masa kepemimpinan Khristofel Praing telah lima kali kerja sama.

"Khusus dengan Bupati pak Khris, ini kerja sama yang kelima. Dua kali PKS di Victory, satu kali di Timex dan dua kali di Pos Kupang," katanya.

Dirinya mengapresiasi segala bentuk kerja sama yang telah dilakukan. Stevie memberi masukkan kepada pemerintah agar dalam kerja sama ini, ada item yang dituangkan, sehingga kerja sama bisa lebih terarah dan bagus.

"Usul saya, dari Kominfo tetapkan bulan ini soal pemberitaan apa dan juga data diberikan. Kalau pun ada kritik selalu ditulis," pungkasnya. (cr1/ays)

  • Bagikan