SNNU NTT Gelar Pawai Takbiran Laut

  • Bagikan
IST BERSAMA. Ketua SNNU NTT, Angki Laane, bersama jajaran panitia pawai takbiran laut pose bersama Pj Gubernur NTT, Ayodhia Kalake usai membahas recana pelaksanaan pawai takbiran di laut, belum lama ini.

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Sekertariat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) NTT, dibawa kepemimpinan Angki Laane akan kembali menggelar Pawai Takbiran di laut dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M.

Angki Laane, Senin (8/4) menjelaskan bahwa pawai takbiran di laut memang sudah digelar setiap tahun. Dan tahun 2024 ini merupakan pawai yang ke tiga.

"Pj Gubernur NTT, Ayodhia Kalake dan Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay menyatakan mendukungannya untuk kegiatan pawai takbiran di laut ini," ungkapnya.

Sesuai rencana, pelepasan peserta pawai takbiran di laut akan dilakukan langsung oleh Pj Gubernur NTT. Bahkan, Pj Gubernur NTT juga akan mengikuti pawai takbiran di laut tersebut.

"Kami sudah siapkan kapal agar Pj Gubernur NTT bisa ikut pawai takbiran di laut ini," jelasnya.

Pawai takbiran di laut ini, katanya, juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung pemerintah dalam dunia pariwisata, khususnya pariwisata religi. Dengan demikian, ketertarikan orang-orang akan semakin tinggi untuk menyaksikan langsung kegiatan tersebut.

"Sekira 30 kapal yang ikut dalam pawai ini. Pawai ini juga sekaligus syiar Islam," ujarnya.

Sekretaris panitia pawai takbiran di laut, Kasim Koli, Senin (8/4) menjelaskan bahwa persiapan pawai takbiran laut sudah diatur secara baik. Titik start pawai tersebut seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu Pelabuhan Rakyat (Pelra) Nunbaun Sabu dan finish di Taman Wisata dan Kuliner Kelapa Lima.

"Rencananya, pawai takbiran di laut berlangsung pada tanggal 9 April nanti," ungkapnya.

Seremonial pelepasan Pawai Takbiran Laut ini diagendakan akan dilepas oleh Pj Gubernur NTT, Ayodhia Kalake. Hadir juga unsur Forkopimda dan para undangan lainnya.

"Kami panitia sudah audiens dengan Pj Gubernur NTT dan Pj Gubernur mendukung," jelasnya.

Bahkan, direncanakan juga Pj Gubernur NTT akan ikut langsung dalam pawai nanti dengan menaiki kapal yang telah disiapkan.
Pihaknya juga telah melakukan audiens dengan Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay. Selain itu, Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Aldinan R. J. H. Manurung. Dan semuanya mendukung pemuh pelaksanaan pawai tersebut.

"Kami sudah membangun kerja sama dengan pihak terkait, termasuk Polairud Polda NTT untuk ikut mengawal pelaksanaan pawai takbiran di laut ini," jelasnya.

Pawai ini melibatkan puluhan kapal nelayan. Gema Takbir akan dikumandangkan di laut menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Karena itu, dirinya berharap agar pelaksanaan pawai ini dapat berlangsung dengan lancar tanpa ada kendala berarti. (r1/gat)

  • Bagikan