PDIP Lihat Track Record dan Niat Jadi Kada

  • Bagikan
Yohanis Mase

OELAMASI, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Kupang secara resmi menyatakan membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati, Selasa (16/4). Bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar di PDIP akan dilihat track record-nya dan niat menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Karena PDIP Perjuangan adalah partai terbuka, maka kami buka seluas-luasnya, baik kader-kader yang berada di Kabupaten Kupang maupun di luar Kabupaten Kupang yang berkepentingan untuk bisa membawa Kabupaten Kupang ke arah yang lebih baik, teristimewa mampu membawa masyarakat Kabupaten Kupang ke kehidupan ekonomi yang lebih baik dari hari ini. Hajatan ini PDI Perjuangan mengambil sikap untuk membuka pendaftaran. Silakan kader-kader yang mau mendaftarkan diri di PDI Perjuangan silakan,” kata Ketua DPC PDIP Kabupaten Kupang, Johanis Mase kepada wartawan di Oelamasi, Selasa (16/4).

Ia menjelaskan, PDIP mempunyai mekanisme, sehingga pihaknya akan melihat kader-kader yang ada dan akan melihat rekam jejak (track record) seperti apa. Yang paling penting kata Johanis, niat menjadi bupati dan wakil bupati itu apa.

Johanis menjelaskan, pendaftaran dibuka sejak, Selasa (16/4) kemarin hingga Selasa (30/4) mendatang. “Persyaratan yang harus disiapkan antara lain CV, ijazah sangat penting karena itu syarat utama. Visi misi. Ada biaya administrasinya tapi kita masih tunggu informasi dari DPD dulu baru kita sampaikan,” bebernya.

Disinggung mengenai kader PDIP yang akan mendaftar, Johanis menegaskan, dirinya juga mendaftar. Selain itu ada Imanuel Ballo. “Kita daftar perorangan, tidak paket,” ungkapnya.

Johanis menegaskan, instruksi sudah jelas, satu garis. Artinya semua yang mendaftar akan diusulkan dan DPP yang mempunyai hak teristimewa ketua umum yang akan menentukan siapa bupati dan siapa wakil bupati. “Karena ibu Mega mempunyai data-data semua kader,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kupang, Tome da Costa kepada Timor Express di gedung DPRD Kabupaten Kupang, Selasa kemarin menjelaskan, DPC Partai Gerindra Kabupaten Kupang telah menerima informasi-informasi yang dikirim dari DPP ke DPD menyangkut dengan syarat-syarat untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Kupang untuk bertarung di pilkada Kabupaten Kupang tahun 2024.

“Kami dari DPC telah menyusun, besok (hari ini, red) kami rapat dengan anggota dan Bapilu dan yang menerima pendaftaran adalah ketua Bapilu pak Piet Seran didampingi sekretaris pak Leo,” kata Tome.

Dikatakan, DPC Partai Gerindra akan membuka pendaftaran sejak tanggal 18 April. “Dari provinsi sudah mengisyaratkan kita buka pendaftaran dari tanggal 15 April sampai 30 April, itu untuk kader. Kader yang betul-betul dari Hambalang. Kalau dari Hambalang itu berarti sudah punya sertifikat yang lengkap dan sudah sangat luar biasa. Kemudian tanggal 1 sampai 15 Mei itu untuk kader umum yang dari luar partai,” katanya.

Tome menjelaskan, Partai Gerindra membuka ruang untuk semua yang akan bertarung pada pilkada serentak Kabupaten Kupang. Untuk itu, kepada semua elemen yang mau mendaftarkan diri ke DPC Partai Gerindra Kabupaten Kupang, Tome mempersilakannya untuk mendaftar mulai 18 April besok.

Tome mengaku sudah ada yang berkomunikasi baik dengan ketua Bapilu maupun dengan dirinya sebagai ketua DPC Partai Gerindra.

"Sudah ada yang komunikasi. Ada dua orang yang komunikasi. Satunya berkomunikasi langsung dengan saya kemarin di DPC, yang satunya tim yang datang bawa oko mama. Itu orang non partai. Tapi yang satu orang partai," jelasnya.

Ia mengatakan, Partai Gerindra tidak bisa mengusung kandidat sendiri, namun harus berkoalisi dengan partai lain untuk dapat mengusung satu paket bupati dan wakil bupati. Namun para kandidat yang melakukan lobi-lobi untuk berkoalisi.

“Gerindra siap empat kursi. Tapi teman-teman harus cari koalisinya. Minimal tiga kursi. Kemarin saya lihat, yang datang berkomunikasi itu sudah mencapai titik itu semua. Tapi nanti dia daftar dulu baru kita proses. Kader itu dua orang mau maju. Kalau kita mau maju harus persiapkan diri betul-betul. Jangan sampai kita hanya asal omong,” tegasnya.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Kupang melalui Satuan Tugas (Satgas) Pilkada sejak tanggal 15-22 April 2024 membuka tahapan penjaringan dan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Kupang.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Neil Rondo didampingi Sekretaris DPC Partai Demokrat, Mahli Atte kepada wartawan di Rumah Demokrat di Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Selasa (16/4) menegaskan, DPC dan DPD Partai Demokrat NTT telah meluncurkan penjaringan dan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati pada pilkada Kabupaten Kupang. Untuk itu, ia mengajak semua putra-putri terbaik Kabupaten Kupang untuk bergabung bersama Partai Demokrat dalam kontestasi pilkada Kabupaten Kupang 2024.

"Launching pendaftaran pilkada sudah dilakukan. Ini juga sudah dilakukan DPD Partai Demokrat sehingga kita satu tarikan nafas melaksanakan tahapan ini. Partai Demokrat mengajak semua bakal calon bupati dan wakil bupati untuk mendaftar di Partai Demokrat karena Partai Demokrat adalah partai terbuka dan transparan," tegasnya.

Menurut Winston, kondisinya sekarang Partai Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain. Untuk itu, komunikasi politik harus mulai dibangun oleh para kandidat yang nantinya mendaftar di Partai Demokrat.

"Kandidat harus membangun komunikasi politik dengan partai lain, sehingga dapat memenuhi syarat minimum. Karena waktu pendaftaran ini sangat terbatas hanya satu minggu. Kami juga sudah informasikan secara tertulis agar bisa diisi termasuk menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan," katanya.

Dikatakan, hingga saat ini sudah ada empat hingga lima kandidat bacabup dan bacawabup yang dipastikan akan mendaftar. Pihaknya menyambut dengan senang hati karena Partai Demokrat mendapat tempat di hati putra-putri terbaik Kabupaten Kupang yang ingin berlaga di kontestasi pilkada 2024.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Mahli Atte menambahkan, pendaftaran bagi bacabup dan bacawabup dibuka secara offline. Pendaftaran bisa dilakukan di DPC maupun di DPD Partai Demokrat.

Hingga Selasa kemarin, salah satu bacawabup Maher Ora mendatangi sekretariat Partai Demokrat untuk bersilaturahmi sekaligus mengambil dokumen persyaratan.

Kedatangan Maher Ora diterima Sekretaris DPC Partai Demokrat, Mahli Atte dan Ketua Satgas Pilkada DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Benjamin P Mamo serta pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang.

Informasi yang diperoleh Timor Express semalam menyebutkan, hari ini, Rabu (17/4) mantan wakil bupati Kupang, Jerry Manafe akan mendaftar ke Partai Demokrat Kabupaten Kupang. (ays)

  • Bagikan