Persiapan Panitia Sudah Maksimal

  • Bagikan
Sisilia Sona

Jelang Acara Pentahbisan Uskup Agung Kupang

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Persiapan yang dilakukan menjelang pentahbisan Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni, hampir mencapai tahap akhir. Seauai tanggal resmi dijadwalkan yakni 9 Mei nanti di Gereja Katedral Kristus Raja Kupang.

Ketua Panitia Pelaksana, Sisilia Sona menyatakan bahwa kesiapan panitia hampir mencapai tahap akhir dan namun masih menunggu untuk dimantapkan lagi. Hal ini disampaikannya saat diwawancarai Timor Express, Kamis (18/4).

"Hingga saat ini, kami dari pihak panitia pelaksana telah melakukan persiapan dan kerja sama yang sudah cukup matang, sehingga kami sudah siap untuk acara pentahbisan Bapak Uskup Mgr. Hironimus nanti," ujar Sisilia Sona.

Koordinasi dengan berbagai pihak seperti pemerintah daerah, kepolisian serta tokoh agama telah dilakukan guna menyukseskan acara pentahbisan tersebut. Acara pentahbisan Uskup Hironimus direncanakan berlangsung selama tiga hari dan dimulai sejak tanggal 8-10 Mei nanti.

Pada tanggal 8 Mei, akan diadakan Salve Agung di Gereja St. Yoseph Naikoten Kupang. Acara ini akan dihadiri oleh utusan dari Vatikan, kardinal dan uskup-uskup dari seluruh Indonesia.

Sementara tanggal 9 Mei ditetapkan sebagai hari pentahbisan resmi Uskup Hironimus di Gereja Katedral Kristus Raja Kupang, dengan jadwal misa yang dijadwalkan dimulai pukul 09.00 Wita. Diperkirakan lebih dari seribu orang akan menghadiri misa pentahbisan tersebut.

Guna mengantisipasi keterbatasan tempat, maka jumlah perwakilan umat Katolik dari paroki-paroki di Kota Kupang dibatasi maksimum 30 orang. Sedangkan dari luar Kota Kupang, hanya pastor paroki dan ketua Dewan Pastoral Paroki yang diizinkan menghadiri acara tersebut.

Agenda terakhir pada tanggal 10 Mei adalah misa pontifikal Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni di Gereja Katedral Kristus Raja Kupang. Misa perdana Uskup Hironimus ini dijadwalkan dimulai pukul 09.00 Wita dan akan dihadiri oleh uskup emeritus, kardinal dan uskup-uskup se-Indonesia.

Menurut Sisilia Sona, panitia telah menyebarkan undangan kepada berbagai pihak, termasuk undangan untuk para uskup di Timor Timur. Diperkirakan dua uskup dari negara tetangga juga akan hadir dalam pentahbisan Mgr. Hironimus Pakaenoni.

"Undangan sudah kami sebarkan ke semua pihak yang terlibat, kami sebarkan jauh-jauh hari sehingga yang diundang dapat menghadiri acara pentahbisan ini," tandasnya.

Sebagai informasi tambahan, Mgr. Hironimus Pakaenoni diangkat oleh Paus Fransiskus sebagai Uskup Agung Kupang pada 9 Maret 2024. Uskup Hironimus menggantikan Mgr. Petrus Turang yang telah memasuki masa pensiun atau menjadi uskup emeritus.

Dengan rangkaian acara yang begitu megah dan penuh makna, pentahbisan Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni diharapkan menjadi momentum penting bagi umat Katolik di wilayah tersebut untuk memperkuat iman dan komitmen dalam melayani masyarakat. (cr3/gat)

  • Bagikan