Polri Pastikan HDCM Aman

  • Bagikan
IST PANTAU. Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga memantau langsung persiapan HDCM di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (18/4)

Kerahkan 500 Personel Gabungan

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) memastikan pelaksanaan Dialog Tingkat Tinggi dan Mekanisme Kerja Sama atau High Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) ke empat Indonesia-China di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, berlangsung aman dan lancar.

Guna memastikan kesiapan kegiatan tersebut aman, maka Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga bersama unsur terkait melakukan pemantauan.

Sesuai agenda, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari terhitung 18-20 April. Kegiatan ini akan diamankan oleh 500 petugas gabungan yakni Polri, TNI dan instansi lainnya di Labuan Bajo.

Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi (Karo Ops) Polda NTT, Kombes Pol. Deonijiu de Fatima, usai apel gelar pasukan merinci, 311 personel TNI/Polri tambah personel dari instansi lain yakni Basarnas, Dinas Perhubungan, Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat akan dikerahkan.

“Kurang lebih 500 orang personel yang kami siapkan untuk pengamanan," katanya.

Mantan Dansat Polda NTT dan Metro Jaya ini mengatakan, pengamanan dimulai sejak kedatangan delegasi di Bandara Komodo.

Menurutnya, delegasi tersebut dijadwalkan tiba di Labuan Bajo sore ini. Pengamanan juga dilanjutkan di tempat penginapan dan lokasi kegiatan hingga kunjungan delegasi ke Pulau Padar di Taman Nasional Komodo.

"Pengamanan dimulai dari kedatangan di bandara, kemudian hotel penginapan di Hotel Meurah kemudian Ayana, lalu Pulau Padar," sebut Deonijiu.

Ada 20 delegasi dari China yang dipimpin Menteri Luar Negeri Wang Yi menghadiri HDCM di Labuan Bajo. Delegasi dari Indonesia dihadiri 15 Kementerian. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono sudah mengkonfirmasi hadir di acara tersebut.

Delegasi akan mengunjungi Pulau Padar besok pagi. Kegiatan dialog lintas kementerian dua negara itu baru dilaksanakan sesuai mengunjungi Pulau Padar. Kunjungan ke salah satu destinasi unggulan di Taman Nasional Komodo itu akan dipimpin oleh Luhut. (cr6/gat)

  • Bagikan