MAARTEN PAES GOKIL!

  • Bagikan
NET GEMILANG. Kiper Timnas, Maarten Paes, menjadi penentu kebrhasilan Timnas menahan imbang Australia dalam laga semalam.

Bikin Lima Penyelamatan Penting Melawan Australia

0 Indonesia vs Australia 0

JAKARTA,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Paes, Paes, Paes! Teriakan itu menggema berkali-kali di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, tadi malam. Baik selama pertandingan berlangsung maupun setelah pertandingan selesai.

Ya, Maarten Paes menjadi pemain sangat penting timnas Indonesia saat menahan seri 0-0 Australia di laga kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tadi malam.

Dalam pertandingan itu, The Socceroos –julukan timnas Australia– menguasai ball possession dengan 63 persen berbanding 37 persen. Tim tamu juga mampu melepaskan 19 percobaan tembakan dengan 5 shoot on target. Jumlah shoot on target yang dimiliki Australia tersebut sama dengan jumlah save yang diciptakan Maarten Paes.

Salah satu penyelamatan penting Paes tercipta pada menit ke-19. Dia mematahkan sepakan keras Harry Souttar yang dilepaskan dari luar kotak penalti. Berikutnya, kiper FC Dallas tersebut melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-35. Tendangan keras Craig Goodwin dari jarak dekat berhasil ditepis.

Sepanjang pertandingan, total ada lima penyelamatan penting yang dibuat Paes. Dengan statistik tersebut, tak heran bila Paes menjadi pemain yang namanya paling dielu-elukan lebih dari 70 ribu suporter yang memadati SUGBK. Bahkan, penjaga gawang 26 tahun tersebut dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam laga tadi malam.

Shin Tae-yong (STY), pelatih timnas Indonesia, menilai Paes tidak hanya tampil apik dalam laga kontra Australia. Tapi juga saat Indonesia menahan imbang Arab Saudi. Dalam pertandingan di Jeddah pada 6 September lalu itu, Paes menciptakan 3 penyelamatan penting. Bahkan, satu save di antaranya dibuat saat dia menggagalkan penalti lawan.

”Performa dia dalam pertandingan pertama dan kedua sangat baik. Sebagai pemain paling belakang di pertahanan, dia berhasil memimpin tim dengan baik,” puji pelatih asal Korea Selatan tersebut.

STY optimistis Paes akan sangat membantu timnas Indonesia dalam delapan pertandingan ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia berikutnya. Setelah ini, Indonesia akan menghadapi dua laga away yang sulit. Yakni, bertandang ke markas Bahrain (10/10) dan Tiongkok (15/10).

”Ke depan, pertahanan kita akan lebih baik jika para pemain lebih kompak,” tegas pelatih timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 Rusia tersebut.

Setelah ini, STY tidak hanya akan membuat pertahanan Indonesia lebih solid. Dia juga akan membuat Indonesia lebih kuat dalam menyerang. Sebab, dalam dua laga awal, Indonesia baru bisa mencetak satu gol. Yaitu, ke gawang Arab Saudi.

Dalam pertandingan tadi malam, Indonesia hanya sedikit merepotkan pertahanan Australia. Total hanya ada 5 percobaan tembakan dengan 2 shoot on target. STY mengakui timnya minim kreativitas serangan. Dia akan berusaha agar kelemahan itu teratasi.

”Masalah taktik, pasti akan diusahakan lebih baik. Itu bisa dilakukan jika lapisan pemain semakin baik,” tandasnya. (fiq/c19/ali/jpg/rum/dek)

  • Bagikan