Jalani Kehidupan dengan Teladani Akhlak Nabi Muhammad SAW

  • Bagikan
IMRAN LIARIAN/TIMEX MAULID NABI. keluarga besar SMKN 6 Kota Kupang menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW bertempat di Masjid Nurul Hidayah, Kelapa Lima, Kamis (26/9)

Momen erayaan Maulid Nabi ala Siswa-siswi SMKN 6 Kota Kupang

Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Kota Kupang yang beragama Islam menggelar perayaan Maulid Nabi atau peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini mengusung tema 'meneladani akhlak Mulia Nabi Muhammad SAW untuk mewujudkan generasi unggul dan berakhlak mulia'.

IMRAN LIARIAN, Kupang

PIHAK SMKN 6 Kota Kupang memberikan dukungan penuh atas suksesnya perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirayakan oleh para siswa-siswi SMKN 6 Kota Kupang yang beragama Islam. Kegiatan ini berlangsung di Masjid Nurul Hidayah, Kelapa Lima, Kamis petang (26/9).

Imam Masjid Nurul Hidayah Kelapa Lima, H. Ali Rosyidi juga memberikan dukungan penuh sehingga pelaksanaan Maulid Nabi ini dapat digelar di Masjid Nurul Hidayah Kelapa Lima dengan khusyuk.

Walaupun siswa-siswi yang menginisiasi kegiatan tersebut, namun tidak terlepas atas dukungan dari pihak sekolah dan jajaran guru di SMKN 6 Kota Kupang.

Tim Hadroh (orang-orang yang memainkan alat musik rebana) yang mengiringi Sholawat Nabi. Acara Maulid Nabi ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 6 Kota Kupang, Asa Manason Lahtang melalui Wakil Kepala Sekolah Humas, Valensius Son.

"Momen memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini untuk menghayati dan mengamalkan ajaran Nabi, baik itu di sekolah, di tengah keluarga maupun di tengah masyarakat," jelas Valensius Son.

Valensius Son juga berharap agar melalui perayaan Maulid Nabi ini maka dapat meningkatkan persatuan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Penanggung jawab Mushola Al Iman SMKN 6 Kota Kupang, Syufyanto Minggele menjelaskan bahwa kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini digelar oleh siswa-siswi yang beragama Islam.

Akhlak Nabi Muhammad SAW ini, katanya, bisa dikembangkan dalam keseharian dalam hal proses belajar di sekolah.

"Kita meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW yaitu Siddiq (jujur), amanah (terpercaya) dan Fathonah (pandai dan cerdas). Akhlak Nabi Muhammad SAW adalah teladan terbaik (Uswatun Hasanah)," ungkapnya.

Digelarnya Maulid Nabi Muhammad SAW yang diinisiasi oleh siswa-siswi ini sebagai wujud melatih untuk berorganisasi. Artinya, siswa-siswi diberikan ruang untuk berperan aktif.

Dukungan juga diberikan oleh 11 guru di SMKN 6 Kupang serta sumbangsih dari siswa-siswi. Kegiatan ini juga sebagai media pembelajaran untuk siswa-siswi. Pasalnya, ini merupakan kesempatan baik untuk siswa-siswi terus belajar dengan tekad yang kuat, kemauan dan fokus dalam bekerja.

"Semoga anak-anak meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam keseharian," harapannya.

Ketua Panitia, Nurul Hamni, yang juga siswi Kelas XI SMK Negeri 6 Kupang, mengatakan bahwa Maulid Nabi ini menjadi wadah mempererat tali silaturahmi serta pentingnya menciptakan suasana yang harmonis di lingkungan sekolah.

"Tujuan digelar Maulid Nabi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW," ungkapnya.

Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW yang disampaikan oleh Usdtad Ahmad Haris.
Maulid Nabi Muhammad SAW, ini sebagai wujud kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Momen yang luar biasa ini untuk mengenang perjalanan Nabi Muhammad SAW sebagai Uswatun Hasanah (teladan terbaik).

"Ketika kita mencintai kepada Rasulullah SAW maka kita akan cinta pada diri kita sendiri karena menjadi orang yang taat.

Bersyukur kepada Allah SWT, karena momen bulan Maulid ini senantiasa membacakan Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Untuk memupuk cinta kepada Nabi Muhammad SAW dengan senantiasa bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW," pesannya. (gat/dek)

  • Bagikan