Tegakan Disiplin Anggota, Propam Polres Ende Sidak Polsek, Ini yang Ditemukan

  • Bagikan

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Demi meningkatkan disiplin anggota polisi, khususnya yang bertugas di jajaran Polsek di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Ende, Kasi Propam Polres Ende, Ipda Dominggus A. Rihi Dara dan anggota melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Polsek.

Sidak yang berlangsung pada Minggu (6/3) itu selain untuk melihat kedisiplinan para anggota juga mengetahui secara langsung kesiapan personil yang ada di Polsek di wilayah Polres Ende. Sidak ini dimulai pukul 20.30 Wita dan berakhir pada pukul 03.40 Wita.

Sejumlah Polsek yang menjadi sasaran sidak Propam Polres Ende, yakni Polsek Wolowaru, Polsek Detusoko, Polsek Ndona, dan Polsek Ende. Ipda Dominggus A. Rihi Dara bersama jajaran juga melakukan pengecekan terhadap anggota Polisi yang melaksanakan piket pelayanan kepada masyarakat dan juga sarana dan prasarana termasuk data diri anggota polsek.

Kasi Propam Polres Ende Ipda Dominggus A. Rihi Dara saat ditemui disela-sela kegiatan tersebut mengatakan, tujuan sidak ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan dan mengoptimalkan pelaksanaan tugas Polri dalam Harkamtibmas, penegakkan hukum, pelindung, pengayom, dan pelayanan kepada masyarakat, lebih khusus di tingkat polsek.

“Dalam sidak kali ini, Propam tidak mencari-cari kesalahan anggota. Kita menjalankan kegiatan ini sesuai perintah pimpinan, dan berharap agar anggota selalu siap dalam melaksanakan tugas dan lebih optimal,” ujar Ipda Dominggus. Ini agar pelayanan bisa ditingkatkan lagi jika masih ditemukan adanya kekurangan.

Ipda Dominggus menambahkan, sidak ini menjadi tugas Propam dalam rangka melakukan pengawasan terhadap rekan-rekan mereka yang bertugas di polsek, apakah sudah menjalankan tugas sesuai prosedur operasional standar (SOP) atau belum.

Ipda Dominggus melanjutkan, sidak yang dilaksanakan tengah malam dan disaat hari libur sudah direncanakan. Hal ini tegas dia lagi, sebagai respek agar bisa memastikan kesiap-siagaan anggota melakukan pelayanan kepada masyarakat dan juga sebagai bentuk pengawasan melekat terhadap anggota yang ada di Polsek.

Ipda Dominggus mengingatkan kepada para anggota yang bertugas di polsek untuk senantiasa siap dan siaga menerima laporan warga masyarakat saat melakukan piket jaga, serta memberikan pelayanan secara humanis. Selain itu dia juga mengatakan, sidak oleh Propam merupakan sarana koreksi pimpinan kepada bawahannya agar jika ada temuan bisa dapat diperbaiki.

“Kita temukan beberapa permasalahan di Polsek yang kita sidak, diantaranya administrasi yang kurang lengkap, kurangnya kebersihan, dan sebagainya. Dan ini mesti diperbaiki,” tegas Ipda Dominggus.

Kepada para anggota, Ipda Dominggus berpesan agar tetap semangat melaksanakan tugas meskipun dalam masa pandemi Covid-19 dan juga terus memberikan edukasi karena polisi adalah garda terdepan bersama masyarakat dalam memberantas Covid-19. (Kr7)

  • Bagikan