Ikatan Keluarga Adonara Gelar Turnamen Voli IKA Cup III

  • Bagikan
TABUH GONG. Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Djawa didampingi Ketua IKA, Donatus Beda Mangu, Penasehat IKA, dan panitia menabuh gong tanda pembukaan turnamen Voli IKA Cup III bertempat di Lapangan Voli Pemkab Lembata, Kamis (14/7). (FOTO: Indah Purnama Sari)

LEWOLEBA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Lembata kembali menggelar Turnamen Voli IKA CUP III dalam rangka memperingati 25 tahun organisasi itu. Kegiatan ini diawali dengan parade bersama 10 tim putri dan 17 tim putra yang berasal dari klub lokal dan paguyuban se-Kabupaten Lembata.

Kegiatan ini di buka oleh Penjabat Bupati, Marsianus Djawa yang ditandai dengan menabuh gong dan pemukulan  bola perdana, disaksikan langsung Ketua IKA, Penasihat IKA, Pimpinan OPD, Para Camat dan Lurah, bertempat di Lapangan Voli Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata, Kamis (14/7).

Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Djawa mengawali sambutannya dengan menyapa dalam bahasa Adonara. Ia menyampaikan pesan sekaligus membuka dengan resmi Turnamen Voli IKA CUP III. “Ina Ama Kaka Arin, mari jadikan turnamen ini sebagai media perekat dan pemersatu antara paguyuban untuk terus bersinergi demi keutuhan, kedamaian dan ketentraman dalam memajukan kabupaten Lembata,” pesan Marsianus.

Ketua IKA, Donatus Beda Mangu dalam sambutannya mengatakan, IKA baru mencapai 25 tahun, namun semangat yang lahir dari rahim IKA akan selalu hidup dalam nurani orang Adonara dari generasi ke generasi.

Menurut Donatus , warisan luhur ini kemudian menjadi semangat organisasi untuk menjadikan turnamen IKA Cup III bukan hanya sebagai ruang kompetisi saja tetapi untuk mempererat tali persaudaraan dan memupuk solidaritas dalam membaktikan karya di tanah lepan batan.

Donatus berharap agar ajang turnamen Voli IKA Cup III ini  dapat dijadikan sebagai media untuk meningkatkan bakat serta memacu kecintaan kepada olaraga. “Berkompetisilah secara sportif dan berwibawa, nilai inilah yang harus kita maknai dari turnamen ini,” pesannya.

Ketua Panitia Turnamen Voli IKA Cup III, Longginus Laga Belan dalam laporan panitia menyampaikan bahwa peserta turnamen ini berjumlah 27 tim. Terdiri dari tim putri dari klub lokal Lembata sebanyak 10 tim, dan tim putra paguyuban sebenyak  17 tim.

Untuk hadiah kejuaraan, Longginus menyebutkan, panitia menyediakan hadiah untuk Juara I  berupa tropi dan uang pembinaan sebesar  Rp 15.000.000, Juara II mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar 10.000.000 juara, dan peringkat ketiga mendapatkan tropi dan uang sebesar Rp 5.000.000. Sedangkan peringkat keempat mendapatkan uang sebesar Rp 2.500.000.

“Total hadiah dari turnamen ini jika ditambahkan dengan kategori putri sebesar Rp 49 juta. Waktu pelaksanaan kegiatan mulai dari 14 Juli 2022 sampai dengan 15 Agustus 2022,” katanya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan piala bergilir oleh perwakilan paguyuban Kabupaten Ende yang merupakan juara bertahan Voli IKA Cup II/2021 kepada Penjabat Bupati dan selanjutnya diserahkan kepada panitia untuk diperebutkan. Turnamen  Voli IKA Cup III ini dipimpin wasit-wasit PBVSI Kabupaten Lembata. (*)

Penulis: Indah Purnama Dewi

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan