Jadwal DBL Camp 2024: Drills & Beep Test di Hari Pertama dan Momen Tegang

  • Bagikan
dbl indonesia PENGALAMAN PERTAMA. Sultan Andhika Pratama Elim, Siswa SMAN 1 Kupang saat tampil di Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2024 With Kopi Good Day

Pemain Kupang yang Perdana Naik Pesawat

JAKARTA, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Hari yang ditunggu-tunggudatang juga. Ratusan campers akhirnyamendarat di Jakarta. Ya, ini menjadi penanda Kopi Good Day DBL Camp 2024 segera bergulir.
Senin, (22/4) sebanyak 270 campers siap belajar, berlatih dan bersaing demi masuk skuad elite Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024.

Di hari Senin kemarin kegiatan mereka masih tidak terlalu banyak. Belum langsung mengenakan jersei basket untuk melahap beragam drill dan aktivitas berat. Setibanya di Jakarta teman-teman campers langsung merapat ke hotel tempat mereka menginap selama satu pekan mendatang.

Di sana campers bakal melakukan serangkaian aktivitas. Utamanya Medical Check Up dan Measurement Test dari Primaya Hospital, Sport Clinic & Orthoped Clinic Center. Kesehatan dan keluhan campers menjadi poin utama yang diperiksa oleh tim dokter.

Di sini campers ditanya mengenai adanya penyakit bawaan, data riwayat cedera, obat-obatan yang mungkin rutin dikonsumsi, serta riwayat operasi dan dan rawat jalan. Kemarin, (23/04) akan menjadi hari yang melelahkan sebab ratusan campers dan puluhan coaches akan memulai perjalanan mereka di Kopi Good Day DBL Camp 2024. Ini merupakan hari pertama mereka melakukan menu latihan atau drills pertama di DBL Camp 2024. Sebenarnya, tahapan latihan Kopi Good Day DBL Camp 2024 tak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Di hari pertama ini, campers akan menjalani tes fisik. Campers akan diuji ketahanan dan kekuatan fisiknya melalui tes lari sprint 20m, shuttle run, lane agility, dan menu-menu latihan fisik lainnya. Setelah itu, mereka akan beristirahat. Selepas beristirahat, campers akan disambut dengan latihan klasik ala DBL Camp. Yaitu beep test.

Di sesi ini, campers akan dibagi menjadi beberapa kloter. Di sesi ini pula, campers bisa mencetak rekor baru. Setelah menjalani latihan fisik, campers akan menjalani latihan fundamental. Seperti crazy handle, perimeter move, post move, defensive footwork, passing, dan fitness.

Sementara itu, di sisi pelatih, mereka akan mendapatkan materi kepelatihan di dalam kelas. Materi-materi ini antara lain pre-eliminary questionnaire, coaching philosophy, dan cardiopulmonary resuscitation.
Seluruh menu latihan untuk campers dan materi untuk pelatih akan disampaikan oleh pelatih profesional dari luar negeri. Kopi Good Day DBL Camp 2024 berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta pada 23 – 28 April 2024.

Kopi Good Day DBL Camp 2024 baru saja dimulai namun sudah banyak cerita yang tertuang di hari kedua rangkaian DBL Camp ini. Salah satunya berasal dari Campers asal Kupang yang perdana merasakan naik pesawat.

Sebanyak dua pelatih plus dua pemain asal Kupang juga bertolak ke Jakarta pada Senin, (22/4).
Naik pesawat bukanlah pengalaman perdana untuk para pelatih, justru jadi yang pertama bagi para pemain.

Selama perjalanan kurang lebih dua jam di udara, Cornelis Tomy Seran, nahkoda SMA Dian Harapan Kupang membagikan cerita lucu. Antara lain Desiana Wila dan Sultan Andhika Pratama Elim yang begitu tegang.

Menjadi pengalaman serba perdana, namun Sultan mengaku tetap tenang. "Kalau aku sih tenang ya. Mama yang repot sendiri. Sudah kayak mama yang berangkat camp. Mama selalu memastikan terus kalau sepatu dan baju-baju sudah masuk semua," terangnya.

Sultan berbagi cerita ketika sang mama Melepas anaknya untuk berangkat menuju DBL Camp 2024,

"Mama sempat nangis waktu di bandara. Padahal kan aku cuman satu minggu di Jakarta. Sudah Seperti tidak pulang aja.. hahahahaha," cetusnya.

Selama satu pekan di DBL Camp, Sultan mengaku siap memberikan yang terbaik dan mengambil banyak ilmu.

"Aku janji bakal bagi ilmu yang aku dapat buat teman-teman di Kupang," kelakarnya.

DBL Camp merupakan program pamungkas untuk menutup rangkaian panjang satu musim kompetisi yang juga merupakan pemusatan pelatihan basket terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh DBL Indonesia sejak 2008 untuk menyeleksi 24 student athlete putra dan putri serta 4 pelatih terbaik dari liga DBL kota-Kota sebelum nantinya lolos menjadi DBL Indonesia All-Star dan berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar dan berlatih bersama pemain dan pelatih Top NBA. (*/rum)

  • Bagikan