Labuan Bajo Tuan Rumah Rakernas IWAPI 2023

  • Bagikan
BERI KETERANGAN. Ketua DPD IWAPI NTT, Dr. Inche Sayuna (kedua kanan), Wabup Manggarai Barat Yulianus Weng (kedua kiri) memberi keterangan terkain pelaksanaan Rakernas IWAPI di Labuan Bajo 2023, Rabu (26/10). (FOTO HANS BATAONA/TIMEX)

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Labuan Bajo dipastikan akan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IWAPI Provinsi NTT, Dr. Inche DP Sayuna saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan dan pengukuhan pengurus cabang IWAPI Manggarai dan Manggarai Barat yang berlangsung di Aula Kantor Bupati, Rabu (26/10).

"Dalam Rakernas belum lama ini diputuskan Rakernas tahun depan 2023 akan berlangsung di Labuan Bajo sebagai tuan rumah," ujar Inche disambut tepuk tangan anggota yang hadir.

Dikatakan Wakil Ketua DPRD NTT ini, dalam rapat terakhir, keputusan penentuan Labuan Bajo sebagai tuan rumah ini saat detik-detik terakhir ketika forum peserta rapat sudah menentukan lima propinsi yang menjadi calon Rakernas ini. "Labuan Bajo itu indah dan sudah begitu terkenal sehingga begitu kami usulkan sebut nama Labuan Bajo maka dalam waktu yang sama semua peserta aklamasi langsung mendukung," kisahnya.

PENGURUS BARU. Ketua DPD IWAPI NTT Inche Sayuna, Wakil Bupati Mabar Yulianus Weng foto bersama pengrus IWAPI Manggarai Barat dan Manggarai setelah pelantikan, Rabu (26/10) di Aula Kantor Bupati Mabar. (FOTO: HANS BATAONA/TIMEX)

Acara pelantikan dan pengukuhan itu dipimpin Ketua DPD IWAPI NTT, Inche Sayuna dengan terlantik Ketua DPC Mabar Maria Srikandi MS Latubatara dan Ketua DPC Manggarai Agustina Dullah. Sementara pengukuhan terhadap DPC IWAPI Mabar oleh Wakil Bupati dr. Yulianus Weng.

Kegiatan ini mengambil tema membangun wanita menjadi mandiri dan berdaya saing. Inche dalam kesempatan itu mengatakan sementara mendorong dan mendukung anggota dalam pengembangan usahanya, selalu sinergi dengan pemerintah daerah. Dia menjelaskan IWAPI mulai dari pengusaha kecil sampai besar dengan anggota 36 ribu. 98 persen adalah pelaku UMKM.

"Tujuannya fokus pada pengusaha wanita, kepentingam jaringan serta membantu wanita dalam pengembangan usaha,"tandasnya.

Menurut Inche, keberadaan IWAPI akan selalu siap membantu pemerintah dalam mendorong perekonomian daerah, mendorong wanita mandiri dalam ekonomi di daerah masing-masing.

Wakil Bupati Mabar, dr. Yulianus Weng menegaskan daerah akan selalu menghidupkan UMKM pasca pandemi. Oleh sebab itu diperlukan peran IWAPI. Karena kita masih kurang sumber daya manusia, kurang jaringan dan kurang permodalan.

Yulianus juga menyatakan Pemkab Mabar siap mendukung demi sukses Rakernas IWAPI tahun depan. "Daerah akan selalu siap mendukung dan mensukseskan Rakernas 2023," kata Yulianus.

Ketua DPC IWAPI Mabar, Maria Arogansi MS Latubatara mengatakan IWAPI Mabar akan menjadikan wadah berkumpulnya kaum wanita dalam meningkatkan usahanya serta akan kian solid dan mandiri dalam pengembangan usaha serta membangun ekonomi baru.

"Kami IWAPI Mabar siap mensukseskan Rakernas IWAPI 2023 di Labuan Bajo serta siap mengibarkan bendera IWAPI di Mabar," tandas Maria. (kr2/ito)

  • Bagikan