UKAW Kupang Lakukan Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah di SMPS Swadaya Tarus

  • Bagikan
KOMPAK. Ketua Tim PKM UKAW Agus Maramba Meha, M.Pd pose bersama guru di Pojok Baca SMPS Swadaya Tarus. (FOTO: IST)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Salah satu tugas utama dosen dalam perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Dalam menunjang tugas tersebut Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Kristen Artha Wacana Kupang memberikan ruang kepada dosen untuk melaksanakan pengbdian kepada masyarakat (PKM) sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran.

Seperti yang dilakukan tim PKM Program Studi Pendidikan Biologi melakukan pendampingan dan penguatan gerakan literasi sekolah di SMPS Swadaya Tarus.

Agus Maramba Meha, M.Pd selaku Ketua tim PKM UKAW menjelaskan bahwa Gerakan literasi sekolah perlu digerakkan agar seluruh warga sekolah terutama peserta didik memiliki kemampuan dalam mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas. Antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara.

Lebih lanjut Agus Maramba menjelaskan bahwa pelaksanaan pengabdian ini telah menghasilkan manfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di SMPS Swadaya Tarus. "Khususnya dalam implementasi gerakan literasi disekolah yaitu terbentuknya tim literasi Sekolah (TLS), Kepala sekolah dan guru telah memahami tahapan pelaksanaan gerakan literasi sekolah yaitu mulai tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran," jelas Agus Maramba.

Selain memberikan sosialisasi dan pembentukan tim literasi sekolah SMPS Swadaya, tim PKM juga melatih guru dalam membuat instrument literasi seperti jurnal membaca harian.

Selanjutnya tim PKM juga memberikan pendampiangan kepada guru untuk mendesain pojok baca di salah satu ruang belajar yaitu kelas VIII sebagai model gerakan literasi di sekolah. Selain itu sekolah juga diberikan fasilitas penunjang seperti buku fiksi maupun buku non fiksi, poster sebagai penunjang terlaksananya gerakan literasi.

Salmah, S.Pd selaku kepala sekolah SMPS Swadaya Tarus berpendapat bahwa kegiatan pendampingan ini sangat membantu dalam menguatkan pemahaman guru-guru terkait tahapan pelaksanaan gerakan literasi sekolah.

Juga pojok baca yang telah dibuat sebagai model memberikan dorongan bagi sekolah untuk menggerakan budaya literasi di sekolah. Lebih lanjut Salmah juga mengharapkan dan terbuka agar kegiatan lainnya dapat dilakukan lagi di SMPS Swadaya.

Adapun tim PKM ini beranggotakan Dra. Angreini Rupidara, M.Si, Ph.D, Fransina Th. Nomleni, M.Pd, Theodora S.N Manu, M.Pd, Yanti Daud, M.Pd, Apriliana Ballo, M.Si, dan Sonya Titin Nge, M.Si. (ito)

  • Bagikan