Sekum KONI Lepas Tim Pra PON Gateball NTT, Optimis Lolos PON 2024

  • Bagikan
PELEPASAN ATLET. Sekum KONI NTT Lambertus Ara Tukan, Ketua Umum Pergatsi NTT Maxi Nenabu, pendukung dan atlet Pergatsi NTT pose bersama usai pelepasan menuju Pra PON, Jumat (16/6) di Lapangan Gateball Jl. Basuki Rahmat Depan Kantor PUPR NTT. (MONA KODA/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-KONI NTT kembali melepas satu cabang olahraga yang akan mengikuti Pra PON. Jumat (16/06/2023) Sekretaris Umum KONI NTT Lambertus Ara Tukan melepas Tim Gateball NTT yang akan mengikuti prakualifikasi PON di Jakarta pada 21-25 Juni 2023.

Hadir pada kesempatan di Lapangan Gateball NTT Halaman Kantor PUPR NTT itu, Ketua Umum Pergatsi NTT Ir. Maxi Nenabu, MT bersama pengurus lainnya. Hadir pula pimpinan balai kementerian PUPR, para sponsor antara lain dari Bank NTT, Jamkrida dan 28 atlet serta 2 pelatih dan 3 officil.

Sekum KONI NTT Lambertus Tukan memberi apresiasi kepada Pengprov Pergatsi yang dinilai sukses melakukan pembinaan atlet. "Saya dengar laporan tadi selama tiga bulan sudah melakukan persiapan untuk menghadapi Pra PON ini. Persiapan yang cukup baik sehingga harapannya bisa memberikan prestasi terbaik dan lolos ke PON 21 Aceh-Sumut tahun 2024," harap Lambert.

Lanjutnya, atlet Gateball juga telah mengharumkan nama NTT dengan prestasi yang diraih dalam kejuaraan sebelumnya. "Tadi dalam laporan juga disampaikan sebelumnya cabor Gateball sudah memberikan prestasi terbaik. Misalnya Kejurnas di Yogya berhasil merebut medali emas untuk kategori beregu putra dan perunggu untuk double putra. Ini sangat membanggakan dan telah mengharumkan nama NTT," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pergatsi NTT, Ir. Maxi Nenabu, MT juga memberi apresiasi kepada atlet dan pelatih yang penuh semangat mempersiapkan diri. "Saya lihat sendiri persiapan tim, setiap hari mereka berlatih, terima kasih untuk atlet dan pelatih untuk semangat yang telah ditunjukan," kata Maxi.

Maxi mengatakan, walaupun masih mengalami beberapa kendala terutama minimnya dana untuk persiapan namun tidak mempengaruhi semangat atlet untuk berlatih. Dirinya berpesan untuk selalu kompak mulai dari persiapan sampai dengan mengikuti Pra PON sehingga bisa memberikan prestasi terbaik.

Dirinya juga menyebut, dukungan dari berbagai pihak telah memberi motivasi para atlet untuk bertanding. Bahkan Ketua Umum KONI NTT, Dr. Josef A. Nae Soi akan hadir langsung di pembukaan Pra PON Gateball yang akan dilaksanakan pada Rabu (21/06/2023) di Tangerang.

Wakil Ketua Tim Pra PON Gateball NTT Erasmus Djogo dalam laporannya mengatakan, Tim Gateball NTT sudah siap untuk mengikuti Pra PON 2023. Persiapan sudah dilakukan selama tiga bulan. Dan pemusatan latihan selama dua minggu. "Kami atlet dan pelatih, official sudah siap mengikuti Pra PON," tegas Eras.

Dia mengatakan, dengan modal prestasi yang ditorehkan pada kejuaraan sebelumnya dirinya yakin Pergatsi NTT akan memberikan prestasi terbaik yakni lolos PON 21 Tahun 2024. Eras juga menyampaikan terima kasih untuk semua pihak yang telah memberikan kontribusi untuk Tim Gateball NTT.

"Terima kasih kepada Jakrida NTT, Bank NTT, Balai-Balai yang telah memberi kontribusi untuk Tim Gateball NTT. Terima kasih kepada Bapak Paul Liyanto dan Bapak Cris Mboeik dan kepada semua pihak yang telah mendukung kami," kata Eras yang juga kepala BLUD ini.

Sekretaris Tim, Anni Ndaparoka dalam arahanannya kepada tim usai pelepasan meminta tim menjaga kekompakan dan kebersamaan. "Persiapan secara teknis sudah maksimal dan kita siap bertanding, yang penting saat ini adalah menjaga kekompakan dan kesolidan. Kebersamaan kita selama latihan sampai keberangkatan, terutama selama pertandingan sampai pulang harus tetap kita jaga," tegas Anni.

Head Coach Abia Manggota mengatakan, persiapan tim sudah maksimal dan siap bertanding. Ditanya mengenai target, mantan atlet ini mengatakan, dirinya tidak memasang target khusus tetapi yakin beberapa kategori bisa lolos ke PON nanti. "Kami tidak pasang target khusus tapi saya optimis ada beberapa kategori yang berpeluang besar lolos PON," kata Abia. (ito)

  • Bagikan