Terapkan Manajemen Talenta, Kanwil Kemenkumham NTT Laksanakan Ujian Kompetensi Pegawai

  • Bagikan
TINGKATKAN KOMPETENSI. Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone berbincang dengan Kabag Umum M. Wahab Marawali saat memantau pelaksanaan kegiatan Ujian Kompetensi (UKOM) di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT, Senin (19/06/2023) di Aula SMAN 3 Kupang. (FOTO: HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM NTT)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkumham menyelenggarakan kegiatan Ujian Kompetensi (UKOM) di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT yang dilaksanakan dalam Rangka Pemetaan Jabatan Metode Computer Assisted Competency Test (CACT), Senin (19/06/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah, Marciana Dominika Jone, bersama Kepala Bagian Umum, M. Wahab Marawali meninjau langsung proses pelaksanaan kegiatan mulai dari alur pendaftaran kehadiran peserta hingga jalannya pelaksanaan UKOM berbasis komputer, di Aula SMA Negeri 3 Kota Kupang.

Mengawali kegiatan uji kompetensi, Marciana berpesan kepada seluruh peserta untuk mengerjakan soal ujian kompetensi ini dengan penuh semangat dan sungguh - sungguh agar kedepannya para peserta bisa meniti karir dan mengembangkan jabatan mereka di Kemenkumham sesuai dengan kemampuan dan kompetensi mereka masing - masing.

“Jadikan kegiatan uji kompetensi yang saudara - saudara ikuti hari ini sebagai momentum untuk melihat sudah sampai sejauh mana potensi diri kita. Untuk itu para peserta harus lebih cermat, konsentrasi dan teliti, semoga hasil dari kegiatan ini bisa menjadi bahan bagi kita semua untuk meniti karir di lembaga Kemenkumham ini” ujarnya.

Diungkapkan bahwa inti sari dari pelaksanaan kegiatan ini untuk mengenal kemampuan diri sendiri untuk pengembangan potensi dan karir kedepannya. Dirinya juga berpesan agar para peserta tidak usah terburu-buru untuk mengerjakan soal ujian nantinya.

“Jangan terburu-buru, gunakan waktu 4 jam ini dengan sebaik mungkin. Tidak usah saling bertanya dan kalau sudah selesai, dilihat kembali. Andalkan Tuhan, serahkan hati dan pikiran kepadaNya” pesannya.

Marciana juga menyampaikan apresiasi kepada panitia atas terlaksananya kegiatan yang akan berlangsung hingga hari Kamis, 22 Juni 2023 ini yang mana menurutnya ini adalah kesempatan untuk meningkatkan dan mengukur kompetensi para pegawai.

“Lewat kesempatan ini saya ucapkan terima kasih atas terlaksananya UKOM ini, saya berharap melalui kegiatan uji kompetensi ini akan lahir ASN-ASN yang memiliki kompetensi dan integritas dalam menjalankan roda pemerintahan yang efektif serta mampu menunjukan pencapaian dalam target,” tutup Kakanwil.

Uji Komptensi yang diikuti oleh 377 orang pegawai Kemenkumham NTT hari ini terbagi dalam 2 sesi, dimana pada masing - masing sesi disediakan waktu sepanjang 4 jam lebih untuk menyelesaikan seluruh soal - soal terkait Manajerial, Sosial Kultural, Literasi Digital dan Emerging Skill dengan menggunakan perangkat komputer yang tersedia. (*/ito)

  • Bagikan