Rutin Bersihkan Sampah di Persimpangan Jalan Piet Tallo, Ini Harapan Warga TDM

  • Bagikan
Warga RT 01, Kelurahan TDM rutin membersihkan lingkungan sekitar dari sampah, termasuk di persimpangan Jl. Piet A. Tallo. Gambar diabadikan 22 Juli 2023 lalu. (FOTO:BENNY FAOFETO/JW)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Warga Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM), Kecamatan Oebobo, rutin membersihkan sampah yang berserakan di persimpangan Jalan Piet A Tallo dan Jalan TDM 1. Sebagaimana yang terpantau pada Sabtu (22/7/2023), warga di wilayah RT 01 bergotong royong membersihkan jalan dari sampah yang berserakan. Ini merupakan upaya mewujudkan kepedulian dalam memelihara lingkungan.

“Kita warga selalu diingatkan lurah untuk rutin bekerja membersihkan sampah di lingkungan kami atau jalan umum. Bahkan Luruh juga biasanya turun tangan membersihkan sampah,” kata Ketua RT 01, Kelurahan TDM, Yohanes Gat, di sela-sela kegiatan membersihkan sampah akhir pekan lalu.

Yohanes menyebutkan, Lurah TDM, Donatus N. Samon, S.Sos telah menginstruksikan seluruh ketua-ketua RT di wilayah itu untuk mengambil waktu luang bersama warga membersihkan lingkungannya dari sampah.

Sala satu ASN Kota Kupang, Emanuel Temaluru yang merupakan warga TDM mengatakan, pihaknya bersama warga sekitar sudah berkomitmen untuk terlibat aktif dalam upaya menjaga dan merawat lingkungan.

“Sebenarnya kebiasaan kita untuk menjaga kebersihan itu ada. Jadi sampah rumah tangga itu biasanya kita kumpul kemudian kita buang di tempat pembuangan sampah sementara. Tapi sering lambat diangkut oleh petugas Dinas Kebersihan ” keluh Emanuel.

Sebagai seorang ASN, Emanuel melihat bahwa persoalan sampah saat ini karena kurangnya penyediaan tempat-tempat sampah di pinggir jalan serta kurangnnya perhatian yang konsisten dari Dinas Keebersihan dan Lingkungan Hidup dalam menumpas persoalan sampah di lingkungan masyarakat.

Hal ini, demikian Emanuel, yang jadi penyebab masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya atau di lahan-lahan kosong yang ada saat ini. (*)

Penulis: Beny Faofeto, Jurnalis Warga

  • Bagikan