Lepas 27 Lulusan, Dekan FPIK: Hindari Kata “Bingung” Dalam Diri.

  • Bagikan
TERIMA SK. Dekan FPIK UKAW Kupang, Umbu P.L Dawa, S.Pi.,M.Sc didampingi para Wakil Dekan menyerahkan SK kelulusan kepada salah satu lulusan pada acara pelepasan wisudawan angkatan ke-48 di Aula P UKAW Kupang, Sabtu (2/9). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang meluluskan sebanyak 27 orang lulusan. Lulusan angkatan 48 ini tersebar di dua Program Studi (Prodi) yakni Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan (MSP) dan Teknologi Hasil Perikanan (THP).

Pelepasan para lulusan ditandai dengan ibadah syukur Penerimaan Mahasiswa Baru, Ulang Tahun FPIK ke-22 dan Pembukaan Semester Baru Tahun 2023, dengan mengusung tema "Sebab itu kau senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni dihadapan Allah dan Manusia" yang berlangsung di Aula P UKAW, Sabtu (2/9).

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FPIK UKAW Kupang, Umbu P. L. Dawa, S.Pi, M.Sc mengingatkan kepada para lulusan agar dapat menjadi dinamisator pembangunan, sebagai inovator, dan menghindari kata "bingung" dalam diri lulusan

Gunakanlah kemampuan ilmu dan keahlian yang telah diperoleh, juga hard skill dan soft skill yang dimiliki, untuk dapat bersaing secara sehat dalam meraih kesempatan kerja yang cocok dan juga menciptakan peluang ataupun kesempatan kerja atau berusaha bagi diri sendiri dan orang lain.

"Perlu disadari bahwa persaingan terhadap lapangan kerja akan semakin ketat, mengingat akan membanjirnya tenaga kerja terdidik dari luar daerah bahkan dari luar negeri," katanya.

Dihadapan para orang tua/wali yang hadiri, Umbu Dawa menyampaikan selamat berbahagia bagi para calon wisudawan dan wisudawati beserta seluruh keluarga atas sukses yang telah dicapai dalam menempuh pendidikan di FPIK UKAW.

"Tidak ada bekal yang paling indah kami berikan selain bekal rotan yang menyakitkan, ungkapan kata yang membuat ketidaknyamanan namun semuanya itu dilakukan hanya untuk dan demi kesuksesan dan keberhasilan saudara/i semuanya," sebut Umbu.

"Kebahagiaan anda adalah kebahagiaan kami, sukses anda adalah sukses kami. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama mensyukurinya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang bagi kita sekalian. Jika sudah menjadi alumni jangan menjadi alumni yang suka mencari sensasi," pintanya menambahkan.

Dikatakan, para lulusan dilepaskan dari fakultas dan akan dilantik pada tanggal 8 September 2023 sebagai wisudawan. Tetapi itu bukan akhir dari suatu proses pendidikan, namun jadikanlah itu sebagai awal dari suatu tanggung jawab. 

"Tanggung jawab kepada diri sendiri, tanggung jawab pada orang tua, keluarga dan tanggung jawab pada masyarakat, bangsa dan negara atas kewenangan yang diwujudkan dalam bentuk gelar dan juga merupakan tanggungjawab terbesar kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang," ujarnya.

Lanjut Umbu, para lulusan akan kembali ke tengah-tengah kehidupan Universitas tanpa batas yaitu Universitas Masyarakat yang penuh dengan berbagai persaingan dan tantangan yang tidak dapat dihindari tetapi harus dihadapi. Maka harus menjaga kehormatan dan nama baik sebagai alumni FPIK UKAW dan terus junjung tinggi nama almamater. 

"Ingatlah akan tema kita hari ini karena masa depan sungguh ada dan harapan tidak akan hilang," pinta Umbu Dawa. (r3)

  • Bagikan