SMKN 3 Pamerkan Karya Inovatif Peserta Didik

  • Bagikan
EFRENDI NABEN/TIMEX. POSE BERSAMA. Kepala Sekolah bersama dengan Pengawas Sekolah Dikmen berfoto bersama para Mitra dan tamu undangan pada acara Job Fair dan Edu Job SMKN 3 Kupang, Kamis (14/12).

Dipertemukan Langsung dengan Mitra Kerja

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Suasana penuh semangat terlihat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kupang pada Kamis, (14/12), ketika mereka menggelar Job Fair dan Edu Job di Halaman Sekolah.

Acara ini menjadi wadah bagi siswa-siswi SMKN 3 untuk memamerkan hasil karya tangan dari berbagai Kompetensi Keahlian, seperti Tata Boga, Tata Kecantikan, Tata Usaha, Perhotelan, dan Teknologi Jaringan Telekomunikasi dan Informasi.

Pameran hasil karya inovatif dari masing-masing Kompetensi Keahlian dapat ditemui pada Stand-Stand yang dipersiapkan dengan rapi. Tidak hanya itu, sepuluh mitra kerja SMKN 3 Kupang juga turut memeriahkan acara dengan menyediakan stand mereka sendiri.

Kegiatan ini menciptakan kesempatan bagi siswa-siswi untuk berinteraksi langsung dengan dunia kerja, menggali potensi serta mendapatkan pandangan langsung dari para pencari kerja. Selain itu, bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi bisa mengetahui program studi mana yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimiliki.

Job Fair dan Edu Job ini tidak hanya sebatas pameran hasil karya, tetapi juga memiliki tujuan mulia. SMKN 3 Kupang, ingin memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk dapat berinteraksi langsung dengan para pencari kerja yang sedang membutuhkan tenaga kerja.

Kepala Sekolah SMKN 3 Kupang, Yesaya Banunaek, menegaskan bahwa kegiatan ini dirancang dengan mengundang mitra kerja, memungkinkan mereka untuk melihat langsung potensi siswa-siswi yang mungkin menjadi aset berharga di dunia kerja.

"Ada dua kegiatan yang kami langsungkan hari ini yakni, pertama Jobfair dimana ada pertemuan antara yang menyediakan pekerjaan dan yang mencari kerja. Lalu ada pula, Edu Job yang diperuntukkan bagi mereka yang setelah lulus ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi," Jelasnya.

Yesaya juga menegaskan bahwa, terdapat tiga harapan dari seluruh tenaga pendidik bagi lulusan SMKN 3 Kupang untuk memiliki masa depan yang baik.

"Kami mengharapkan agar setelah lulus mereka bisa mendapatkan pekerjaan, bisa berwirausaha dan juga yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi," tegas Yesaya.

Dengan berlangsungnya Job Fair dan Edu Job ini, diharapkan siswa-siswi SMKN 3 Kupang dapat mengembangkan keterampilan komunikasi, networking, dan pengetahuan praktis tentang industri yang mereka minati.

Acara ini menjadi langkah konkret dalam membantu siswa-siswi memahami tantangan dan peluang di dunia pekerjaan, serta memberikan pandangan lebih dalam mengenai kebutuhan pasar kerja lokal.

Sementara itu, Pengawas Sekolah Dikmen Kota Kupang, Ulfianty Toelle menyampaikan, arah dari pendidikan vokasi ini adalah dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu dan berkualitas sesuai dengan jenjang pendidikan.

"SMKN tentunya menyiapkan anak-anak menjadi lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja, jadi dari kegiatan Job Fair dan Edu Job ini bukan saja untuk menyiapkan anak-anak untuk menghadapi dunia kerja, namun juga harus memberikan dampak bagi masyarakat," Ungkapnya.

Selain itu, Job Fair ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswi untuk meraih kesuksesan dan memotivasi mereka untuk terus berinovasi dalam bidang masing-masing. (cr3/thi)

  • Bagikan