Xavi Hernandez Resmi Tinggalkan Barcelona di Akhir Musim

  • Bagikan
Xavi Hernandez

BARCELONA, TIMEX.FAJAR.CO.ID - `Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, telah mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan Blaugrana di akhir musim 2023/2024. Mundurnya Xavi Hernandez disampaikan setelah Barcelona kalah 5-3 di La Liga dari Villarreal, yang membuat juara bertahan itu tertinggal 10 poin dari Real Madrid di tempat ketiga dalam klasmen La Liga.

Mantan gelandang Barcelona tersebut telah menjadi sorotan selama beberapa pekan terakhir, setelah menelan 3 kekalahan dari 5 pertandingan terakhirnya. Xavi mengakui bahwa tekadnya untuk mundur pada akhir musim nanti sudah bulat, ia berpendapat bahwa kepergiannya untuk kebaikan klub.

“Saya ingin mengumumkan bahwa pada 30 Juni (2024) saya tidak akan lagi menjabat sebagai pelatih di Barca,” kata Xavi pada konferensi pers setelah laga dikutip JawaPos.com dari laman fcbarcelona.com, Minggu (28/1).

“Saya pikir kita butuh situasi yang berbeda, dan sebagai seorang pendukung Barcelona, saya tidak bisa membiarkan situasi saat ini,” sambungnya.

Situasi di Barcelona sendiri sedang tidak ideal. Mereka mengalami inkonsistensi dan terancam mengakhiri musim tanpa gelar.

"Klub ini butuh perubahan dinamika. Meninggalkan Barca adalah keputusan terbaik bagi semua pihak yang terlibat. Sayalah yang paling bertanggung jawab, sehingga para pemain akhirnya merasa bebas sekarang,"

Barcelona menjamu Villarreal di kandang, setelah kekalahan telak 4-2 di perpanjangan waktu dari Athletic Bilbao di Copa del Rey, sebelumnya mereka juga dikalahkan 4-1 oleh Real Madrid di final Piala Super Spanyol.

Blaugrana tertinggal dua gol dari Villarreal yang dicetak Gerard Moreno dan Ilias Akhomach, tetapi tim asuhan Xavi mampu bangkit dan melakukan comeback berkat gol dari Ilkay Gundogan dan Pedri, serta gol bunuh diri Eric Bailly.

Namun, Goncalo Guedes kembali menyamakan kedudukan bagi Villarreal pada menit ke-84, sebelum injury time, Alexander Sorloth dan Jose Luis Morales mencetak gol untuk membawa Villarreal unggul 5-3.
Selain terpaut 10 poin dari pemimpin klasemen Real Madrid, Barcelona tertinggal delapan poin dari tim peringkat kedua Girona.

Sisi baiknya, namun mereka finis di puncak grup Liga Champions dan akan bertemu juara bertahan Liga Italia, Napoli pada babak 16 besar bulan depan. Setelah mengakhiri rumor mengenai masa depannya, Xavi berharap Barcelona akan kembali meraih kejayaannya di kancah Eropa. Ia juga berharap, dengan mundurnya dari Barcelona, pers tidak akan menyerangnya lagi.

“Semuanya akan lebih tenang sekarang, kami bisa bersaing memperebutkan Liga Champions. Setidaknya dengan keputusan ini (mundurnya Xavi), Anda (pers) tidak akan menyerang saya lagi,” tambah pria berusia 44 tahun itu.

Selama menjadi pemain, Xavi mencatatkan 767 penampilan selama 17 tahun di Barcelona, nomor dua setelah Lionel Messi dengan 778 penampilan. Ia kemudian mengakhiri masanya di Camp Nou pada tahun 2015, dan bergabung dengan tim asal Qatar, Al-Sadd.

Pelatih asal Spanyol itu gantung sepatu pada tahun 2019, dan mengambil alih jabatan pelatih kepala Al-Sadd, ia menghabiskan masa kepelatihannya di Qatar lebih dari dua tahun, sebelum kembali ke Barcelona pada November 2021, menggantikan Ronald Koeman.

Xavi gagal memberikan kesuksesan kepada Barcelona di sisa musim 2021-22, karena La Blaugrana tersingkir dari Liga Europa oleh Eintracht Frankfurt di perempat final. Di musim 2022/23, mereka terdegradasi dari Liga Champions ke Liga Europa, dan gugur di babak playoff setelah kalah dari Manchester United.

Namun, mantan pemain Timnas Spanyol itu meraih gelar La Liga bersama Barcelona musim lalu, saat La Blaugrana finis dengan 88 poin, unggul 10 poin dari Real Madrid di posisi kedua, untuk memenangkan gelar pertama mereka sejak musim 2018-19.

Pengumuman pria berusia 44 tahun itu datang hanya sehari setelah bos Liverpool Jurgen Klopp menyampaikan pesan serupa, ketika pria Jerman itu mengonfirmasi bahwa ia juga akan mundur dari posisinya musim panas ini.(jpc/rum)

  • Bagikan