Jelang Seleksi PON, Dispora Siapkan Atlet

  • Bagikan
BONEFASIUS BAHY/TIMEX ATLET. Para atlet muda dari Cabor Taekwondo saat berada di tempat latihan, Selasa (30/1).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kupang mulai mempersiapkan atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga (Cabor) jelang seleksi tingkat provinsi guna menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) nanti. Dalam persiapan menuju PON 2024, Dispora Kota Kupang mulai membangun kerja sama dengan berbagai Cabor, guna persiapan para atlet pada seleksi tingkat provinsi nantinya.

Cabor yang sedang dalam fokus Dispora Kota Kupang saat ini adalah tinju, silat, taekwondo, kempo, atletik dan wushu. Dari semua Cabor ini, Dispora Kota Kupang akan terus memantau dan mendorong agar bisa mencetak atlet-atlet berbakat untuk persipan seleksi tingkat provinsi untuk PON nantinya.

Pernyataan tersebut disampaikan Jemy Didoek selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kupang, saat diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (30/1).

Jemy mengatakan, untuk persiapan para atlet sendiri sudah dipantau. Terlebih, atlet-atlet yang berprestasi di kejuaraan daerah (Kejurda) untuk mewujudkan persiapan yang lebih matang.

Lebih dari itu, kata Jemy, Dispora Kota Kupang juga merangkul Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Kupang, guna memenuhi kebutuhan para atlet seperti sarana dan prasaran yang dibutuhkan.

"Kami selaku Dispora Kota Kupang hanya meninjau para atlet untuk pembibitanya. Setelah itu, kami serahkan kepada KONI untuk mendidik serta mengawasi atlet-atlet berprestasi tersebut agar semakin matang dalam menghadapi kejuaraan," ungkapnya.

Dengan upaya memaksimalkan prestasi para atlet, Dispora Kota Kupang juga akan memberikan insentif kepada para atlet yang berprestasi. Tujuannya agar para atlet tersebut bisa semakin terpacu dan mendapat dorongan dalam latihan dan daya juang di kejuaraan nantinya.

Perlu diingat kembali bahwa PON di bulan September nantinya akan dilaksanakan di Aceh-Sumut. Karena itu, mental atlet-atlet juga harus dibentuk agar jika masuk ke daerah lain atlet-atlet tidak merasa minder, dan hal itu yang sekarang diupayakan bersama para pemimpin-pemimpin Cabor.

"Selama saya menjabat sekiranya sudah 2 tahun untuk kebutuhan atlet-atlet Kota Kupang selalu terjamin, Dispora Kota Kupang selalu memperhatikan sampai hal terkecil, seperti dana transportasi, makanan dan minuman bergizi jika mereka sudah dikarantina, tidak lupa juga alat-alat latihan, dan beberapa kebutuhan lainya dan saya harap atlet-atlet Kota Kupang sudah siap jika sewaktu-waktu dipanggil diprovinsi," jelasnya.

Dispora Kota Kupang, katanya, sangat mengharapakan agar apa yang kami sudah berikan sebagai bentuk suport ini tidak di sia-siakan oleh para atlet, dan sekiranya agar pemerintah juga harus memperhatikan para atlet, itu karena mereka akan mewakili nama daerah masing-masing dalam sebuah kejuaraan nantinya. (cr5/gat)

  • Bagikan