AYO RAWAT TELINGAMU !

  • Bagikan

TAHUKAH kamu bahwa telinga merupakan bagian dari organ indera yang fungsinya sangat penting untuk aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, kesehatan telinga juga penting untuk kita jaga dan perhatikan. Jika telinga tidak dijaga, maka dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan gangguan keseimbangan, hingga paling terburuk kehilangan pendengaran selamanya. Hal inilah yang menyebabkan mengapa dokter selalu mengedukasi pasien untuk tetap sadar tentang bahayanya gangguan pendengaran dan bagaimana cara untuk mencegahnya.

Perawatan telinga penting untuk mencegah terjadinya masalah telinga, termasuk infeksi telinga, tinnitus, tuli, bahkan tuli mendadak. Gangguan pendengaran tidak hanya mempengaruhi pendengaran, tetapi masalah telinga dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan kita pusing yang sangat mengganggu, serta mempengaruhi sistem organ lainnya. Oleh karena itu, kesehatan telinga yang baik harus dijaga agar organ pendengaran dan keseimbangan tetap berfungsi dengan baik.

Nah, berikut tips untuk menjaga kesehatan telinga :

1.Hentikan Kebiasaan Mengorek Telinga

Umumnya kotoran di liang telinga merupakan hal yang wajar dan normal. Kotoran telinga ini berfungsi untuk melindungi dari kotoran dan debu. Walaupun, terkadang kotoran di telinga menumpuk dan membuat telinga terasa gatal hingga tersumbat, sehingga memicu kita untuk menggunakan berbagai benda seperti cotton bud, penjepit rambut, penjepit kertas atau benda apapun yang dirasa bisa digunakan untuk membersihkan telinga.

Kebiasaan ini harus diperhatikan dan dihilangkan, karena dengan memasukkan benda asing kedalam telinga bisa menyebabkan luka, kotoran telinga masuk lebih dalam hingga merusak organ sensitif seperti gendang telinga sehingga pecah.

2.Hindari Telinga dari Suara yang Terlalu Keras

Untuk menjaga telinga tetap sehat, hindari mendengarkan lagu atau menonton film dengan volume yang terlalu keras (diatas 60%), terutama saat menggunakan earphone atau headphone. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 1,1 miliar remaja dan dewasa muda di seluruh dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran karena kebisingan dari penggunaan perangkat audio yang tidak aman, konser, maupun bising pada tempat kerja.

Kita juga harus memperhatikan waktu istirahat telinga, dengan memberi waktu sekitar 5 menit agar telinga dapat beristirahat bila sedang mendengarkan music atau berada di tempat yang bising selama 1 jam dengan munggunakan teknik “60:60” untuk membantu menjaga Kesehatan telinga kita.

3.Menjaga Telinga Tetap Kering

Telinga yang lembab bisa menjadi tempat bakteri untuk menyerang saluran telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi telinga yang dapat mempengaruhi pendengaran. Pastikan untuk mengeringkan telinga dengan handuk setelah mandi atau berenang. Ketika merasakan ada air di telinga, dengan cara memiringkan kepala ke satu sisi lalu tarik perlahan daun telinga untuk mengeluarkan air dari dalam telinga.

4.Periksa Telinga Secara Rutin ke Dokter Spesialis THT

Melakukan pemeriksaan telinga secara rutin ke dokter THT secara rutin, agar gejala penyakit telinga bisa segera terdeteksi dan segera diobati. Karena ketika melakukan pemeriksaan, dokter THT akan memeriksa fisik pada telinga dan tes pendengaran, lalu akan menilai kondisi kesehatan telinga dan fungsi pendengaran.

Setelah mengetahui tips menjaga kesehatan telinga, maka kita bisa mulai untuk membiasakannya dan tidak menganggap sepele akan kesehatan dan kebersihan telinga. 

(dr. Gustina Maryanti Mooy, Dokter Umum RSUD Waikabubak)

  • Bagikan