Kelahiran Kembali Blaugrana

  • Bagikan
NET SELEBRASI. Para pemain BArcelona merayakan kemenangan atas Atletico Madrid dinihari kemarin.

MADRID, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Barcelona menggasak Atletico Madrid dengan skor 3-0 di jornada ke-29 La Liga. Tiga gol Blaugrana dilesakkan Joao felix, Robert Lewandowski, dan Fermin Lopez.

Kemenangan ini membawa Barca ke peringkat kedua klasemen. Dengan poin 64, mereka menggeser Girona dan tampaknya kini menjadi satu-satunya penantang Real Madrid dalam perebutan gelar La Liga.

Ini ibarat kelahiran kembali bagi Barca. Sejak Oktober tahun lalu, ini kali pertama mereka bisa berada di posisi kedua klasemen. Selain itu, mereka baru saja lolos ke babak delapan besar Liga Champions.

Keputusan Xavi Hernandez untuk mengumumkan penunduran dirinya menjadi kunci yang mengubah segalanya. Bukan hanya hasil, pemain-pemain Barca juga secara perlahan mampu menunjukkan kembali performa terbaiknya.

Xavi sendiri berkali-kali mengulang soal besarnya dampak dari keputusannya. Hasilnya membuktikan bahwa dia benar dan sang pelatih kini percaya diri mereka bisa menutup musim dengan hasil bagus setelah gagal di Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

"Kami adalah Barca dan tidak ada seorang pun yang bersantai di sini. Kami akan bersaing di LaLiga dan Liga Champions, dua gelar terpenting yang tersisa,” tegasnya di Marca.

Di Liga Champions, Barca akan menghadapi PSG. Sedangkan di La Liga, mereka tertinggal delapan angka di belakang Madrid dengan sembilan laga tersisa.

“Saya belum memikirkan kapan Real Madrid akan gagal. Itu tidak tergantung pada kami. Delapan poin itu banyak. Ada konfrontasi langsung, dan itu akan sulit tetapi kami akan mencobanya," ujar Xavi.

Sang legenda menegaskan, dengan performa mereka yang mulai stabil, mereka bisa bersaing. Peningkatan itu menurutnya sangat penting menjelang akhir musim seperti ini.

"Semua pemain ingin memberikan versi terbaiknya. Mereka brilian. Mereka semua memainkan permainan yang hebat, secara individu dan sebagai tim. Kami telah melakukan segalanya dengan sangat baik. Ini saatnya untuk bermimpi,” tandasnya.

Bertolak belakang dengan Barca, Atletico Madrid makin terperosok dalam kesulitan. Tanpa poin di kandang, mereka kini kehilangan posisi di empat besar dan bisa gagal tampil di Liga Champions musim depan.

“Gol kedua membuat kami langsung tersingkir dari pertandingan dan mereka mengambil keuntungan dari situasi mereka. Selamat kepada Barcelona, mereka lebih baik," kata Pelatih Atletico, Diego Simeone di Marca.

Juru taktik Argentina itu menegaskan, mereka tidak punya pilihan saat ini selain memperbaiki performa.
"Kami harus berkembang, tidak diragukan lagi," tandasnya. (amr/jpg/rum)

  • Bagikan