PSSI Kembali Lobi SC Heerenveen

  • Bagikan
AFC SELEBRASI. Marselino Ferdinan merauakan golnya ke gawang Yordania bersama Nathan Tjo A-on dan pemain lainnya.

Agar Nathan Bisa Main di Perempat Final Piala Asia U-23

DOHA,TIMEX.FAJAR.CO.ID – Tim Indonesia U-23 dipastikan telah lolos ke babak delapan besar atau perempat final Piala Asia U-23 2024 Qatar. Namun, menjelang pertandingan penting itu, skuad Garuda Muda bisa kehilangan Nathan Tjoe-A-On. Dia harus kembali ke klubnya, SC Heerenveen.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga mengungkapkan, Nathan kembali ke klubnya karena kesepakatan dengan SC Heerenveen. Awalnya klub asal Belanda tersebut tidak mau melepas Nathan ke Piala Asia U-23. Sebab, turnamen itu tidak masuk kalender FIFA. Di sisi lain, kompetisi domestik di Belanda sedang bergulir.

Namun, Ketua Umum PSSI Erick Thohir bernegosiasi dengan Heerenveen. ”Dalam negosiasi itu, Pak Erick minta ke klub minimal Nathan memperkuat Indonesia sampai lolos ke babak delapan besar. Sebab, target awal kami di sana. Akhirnya Nathan dilepas," ungkap Arya.

”Nah, sekarang Indonesia sudah lolos dari fase grup. Dan itulah yang kemarin kami lobi ke klubnya Nathan (agar jangan kembali dulu ke klub setelah target lolos ke babak delapan besar tercapai, Red). Usaha kami seperti itu," imbuh Plt ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Utara tersebut.

Asisten pelatih Indonesia U-23 Nova Arianto membenarkan hal itu. Nathan sudah kembali ke klubnya. Tapi, tenaga pemain 22 tahun tersebut masih sangat dibutuhkan Indonesia. Karena itu, saat ini PSSI sedang bernegosiasi dengan Heerenveen. ”PSSI saat ini sedang melakukan komunikasi kembali dengan klub Nathan. Semoga saja dia bisa bermain pada 25 April nanti," harap mantan pemain Persib Bandung tersebut.

Peran Nathan bagi Indonesia di Piala Asia U-23 memang sangat penting. Nathan tidak hanya bisa memperkuat sektor pertahanan, tapi juga memperkaya opsi di lini tengah. Karena itu, dia diharapkan bisa tampil di perempat final. Pertandingan perempat final menjadi satu step yang sangat penting bagi pelatih Shin Tae-yong (STY). Bila berhasil melewati fase perempat final, target utama STY tercapai.
Di ajang Piala Asia U-23 2024 Qatar, PSSI meminta STY meloloskan Indonesia ke babak delapan besar. Tapi, pelatih asal Korea Selatan itu punya target yang lebih tinggi, yaitu membawa Indonesia lolos ke semifinal. Pertandingan semifinal menjadi pintu gerbang menuju Olimpiade 2024.

Dua tim yang berhasil melaju ke final Piala Asia U-23 2024 Qatar otomatis lolos ke putaran final Olimpiade 2024 di Paris. Lalu, dua tim yang kalah di semifinal akan memperebutkan posisi ketiga Piala Asia U-23. Tim yang meraih posisi ketiga akan berlaga di Olimpiade 2024.

Lalu, tim yang kalah dalam perebutan posisi ketiga akan menjalani laga playoff melawan Guinea, tim peringkat keempat Piala Afrika U-23. Tim yang memenangi pertandingan playoff tersebut akan lolos ke Olimpiade 2024.

Nathan sangat mendambakan untuk bisa tampil di Olimpiade. Karena itu, dia sangat sedih saat harus meninggalkan Indonesia yang saat ini sedang berjuang di babak delapan besar Piala Asia U-23.

”Saya punya target tinggi untuk membawa Indonesia lolos ke Olimpiade Paris. Itu mimpi yang ingin saya wujudkan. Karena itu, saya berharap bisa kembali bergabung dengan Indonesia di Qatar. PSSI dan saya sedang mencoba meminta izin agar saya bisa kembali bermain di babak delapan besar," terang mantan pemain Excelsior itu. (fiq/c9/ali/jpg/rum)

  • Bagikan