Datang Nonton Soeratin Cup, Pulang Bawa e-KTP, Warga Apresiasi Disdukcapil Ende

  • Bagikan
DEKATKAN PELAYANAN. Warga memanfaatkan kesempatan melakukan perekaman KTP elektronik di Stadion Marilonga Ende di sela-sela kesibukan mereka menyaksikan laga sepak bola Soeratin Cup U-17 tahun 2022. Terobosan ini merupaka cara Disdukcapil Ende dekatkan peayanan ke warga. (FOTO: LEXI SEKO/TIMEX)

Buka Pelayanan Perekaman e-KTP di Stadion Marilonga

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Terobosan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ende ini patut diberi apresiasi. Pasalnya, sejak perhelatan sepak bola Liga Pelajar U-17 Soeratin Cup 2022, di Stadion Marilonga Ende, Disdukcapil Ende memanfaatkan momen tersebut dengan membuka pelayanan pembuatan  KTP elektronik (e-KTP) bagi masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan. 

Seperti disaksikan TIMEX, Rabu (10/8), dengan mobil Gerugiwa, kendaraan yang dilengkapi peralatan perekaman e-KTP, Disdukcapil Ende melayani warga Ende yang antre melakukan perekaman e-KTP. Kesempatan ini dimanfaatkan warga Ende yang belum memiliki e-KTP.

Kepala Disdukcapil Ende, Lambertus Sigasare dan Sekretaris Disdukcapil, Syarul Yahya bersama staf terlihat sibuk melayani warga yang begitu antusias mengurus e-KTP. 

Ditemui di Stadion Marilonga, Sekretaris Disdukcapil Ende, Syarul Yahya kepada TIMEX mengatakan, pihaknya memanfaatkan kesempatan ini karena banyak warga Ende yang datang ke Stadion Marilonga menonton pertandingan sepak bola Soeratin Cup U-17.

Cara ini, kata dia, adalah bagian dari pendekatan pelayanan dari Dukcapil bagi warga yang belum memiliki e-KTP. "Kami memanfaatkan waktunya untuk melayani masyarakat yang belum sempat melakukan perekaman KTP elektronik di kantor. Jadi datang nonton bola pulang bawa e-KTP. Cukup bawa kartu keluarga pulang bawa KTP elektronik," katanya.

Syarul mengatakan, pelayanan oleh Disdukcapil Ende ini dilaksanakan sejak hari pertama perhelatan Soeratin Cup, dan akan berlangsung hingga babak final nanti. Disdukcapil Ende, lanjutnya, mengharapkan warga Ende yang belum memiliki KTP elektronik bisa membawa Kartu Keluarga (KK) agar dapatt bisa mengurus e-KTP.

Edeltrudis Mery Queen, salah seorang warga Ende, yang ditemui di Stadion Marilonga mengapresiasi apa yang menjadi terobosan Disdukcapil tersebut. Dia mengatakan, kehadirannya disana untuk mengurus KTP elektronik bagi anaknya yang hendak menempuh pendidikan tinggi di luar daerah.

"Terima kasih, karena sambil menonton bola kaki bisa mengurus KTP di sini. Terima kasih kepada Disdukcapil Ende," ucap Edel.

Dirinya merasa bersyukur mendapatkan pelayanan dari Disdukcapil Ende di Stadion Marilonga. Dikatakannya bahwa ini adalah bagian dari pendekatan pelayanan agar warga tidak mengantri di kantor Disdukcapil Ende.

"Saya mengapresiasi pelayanan dari Disdukcapil Ende. Mereka tidak menunggu di kantor tapi turun ke lapangan memanfaatkan momen atau kesempatan seperti ini," katanya.

Belum lama ini, Bupati Ende, Djafar Achmad memberikan apresiasi kepada Disdukcapil karena banyak membuat terobosan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Dia juga berharap OPD yang lain di Ende juga bisa membuat inovasi dan terobosan dalam memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat seperti yang dilakukan oleh Disdukcapil. 

Seperti yang disaksikan, saat jedah pertandingan, Bupati Djafar bersama Wabup Erikos Emanuel Rede menyerahkan secara simbolis e-KTP kepada perwakilan masyarakat yang mengurus langsung di Stadion Marilonga. (Kr7)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan