Kapal Wisata KM Lalongkoe Tenggelam di Batu Tiga Mabar, Ada Wisatawan Jerman

  • Bagikan
Tim SAR gabungan saat mengevakuasi salah satu korban dari dalam speet ke mobil ambulance setiba di Pelabuhan Wisata Marina Labuan Bajo, Sabtu (20/5). (FOTO: HANS BATAONA/TIMEX)

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kapal Wisata KM Lalongkoe yang melakukan trip ke kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) tenggelam di sekitar Batu Tiga saat pulang dari PulauKomodo menuju Labuan Bajo, Sabtu (20/5). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sejumlah penumpang diketahui mengalami luka-luka.

Sebagaimana disaksikan TIMEX di pelabuhan wisata Marina Labuan Bajo, empat unit mobil ambulance bersiaga menunggu datangnya para korban yang sedang dievakuasi tim SAR gabungan. Sementara aktivitas wisata para wisatawan lain tetap berjalan normal.

Diketahui kapal ini memuat 12 orang wisatawan dengan tiga orang warga asing asal Jerman lainnya wisatawan nusantara termasuk empat orang ABK.

KM Lalongkoe memuat wisatawan dari empat agen wisata, masing-masing Bolang Tour, Deria Tour, Maxi Tatar, dan Christopher.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Mexianus Bekabel selaku SMC (SAR Mission Coordinator) kepada media ini di pelabuhan membenarkan kejadian ini.

Dia menjelaskan kronologi peristiwa naas ini. Dikatakan bahwa pada Sabtu (20/5) sekitar pukul 15.30 Wita, kapal wisata yang membawa penumpang sebanyak 12 orang berangkat dari Pulau Komodo menuju ke Labuan Bajo.

Sekitar pukul 15.45 Wita, di sekitar Perairan Batu Tiga arah Labuan Bajo, kapal diterpa angin dan gelombang tinggi sehingga kapal tenggelam.

Maxianus mengatakan, setelah menerima informasi Tim SAR Gabungan dari Basarnas Labuan Bajo, TNI AL, Polair, langsung menuju lokasi guna melaksakan pencarian dan pertolongan dengan mengerahkan Kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat.

Saat melakukan evakuasi, diketahui satu korban mengalami patah tangan, satu orang korban lain mengalami trauma, sedangkan tiga korban lain mengalami luka ringan.

"Korban yang luka semua sudah dievakuasi ke RS Siloam Labuan Bajo menggunakan mobil ambulance milik kantor kesehatan pelabuhan dan ambulance Polres Mabar untuk menjalani perawatan," jelasnya. (Kr2)

  • Bagikan