Polres Matim Gelar Apel Pasukan Pengamanan Pilkades

  • Bagikan
GELAR PASUKAN. Wakapolres Matim, Kompol Mateus Cono (Kiri) saat memimpin apel pasukan pengamanan Pilkades, di Golo Karot, Kelurahan Rana Loba, Kota Borong, Selasa (23/5). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

BORONG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Timur (Matim), menggelar apel pasukan pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2023 di Borong, Selasa (23/5) pagi. Sebanyak 226 personil polisi diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades di 65 desa itu.

Apel berlangsung di Lapangan Apel Polres Kabupaten Matim, Golo Karot, Kelurahan Rana Loba, Kota Borong. Bertindak sebagai pimpinan apel, Wakil Kapolres (Wakapolres) Matim, Kompol Mateus Cono, dan Komandan Apel Kanit Tipikor, Ipda Joko Sugiarto. Apel diikuti para pejabat Kabag, Kasat, para Perwira, dan seluruh personil Polres Matim.

"Apel di selenggarakan hari ini merupakan bentuk kesiapan dan pengecekan personel, guna memberikan jaminan rasa aman bagi seluruh warga masyarakat, terutama wilayah yang melaksanakan Pilkades serentak di Matim," ujar Wakapolres Matim, Kompol Mateus Cono, kepada media ini usai apel.

Untuk teknis pelaksanaan, lanjut Kompol Mateus, pengamanan Pilkades melibatkan 579 personel gabungan, terdiri dari Polisi sebanyak 226 orang, TNI sebanyak 50 orang, Polisi Pamong Praja (Pol PP) 38 orang, dan Linmas 265 orang.

Usai apel gelar pasukan, semua personil polisi langsung berangkat menuju ke 65 desa pelaksana Pilkades yang tersebar di 12 wilayah kecamatan di Kabupaten Matim. Hari pencoblosanya telah ditentukan, Rabu (24/5).

Panitia menyiapkan sebanyak 185 TPS, tersebar di 65 desa penyelenggara Pilkades. "Seluruh anggota yang terlibat dalam giat Pam Pilkades, setelah apel langsung berangkat menuju desanya. Tentu kita siap mengamankan pelaksanaan Pilkades, tidak saja saat pencoblosan, tapi sampai selesai perhitungan suara, bahkan penetapan calon kades terpilih. Kita semua tentu berharap Pilkades berjalan dengan aman dan kondusif," harapnya.

Kompol Mateus mengatakan, saat apel gelar pasukan berlangsung, dirinya menyampaikan arahan kepada seluruh personil agar dalam melaksanakan tugas pengamanan disetiap TPS, tentu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dengan memberikan jaminan rasa aman dan nyaman pada setiap warga yang menggunakan hak pilihnya di setiap TPS.

Selain itu kata Kompol Mateus, harus menjaga kekompakan antar sesama unsur pengamanan termasuk dengan penyelenggaraan Pilkades. Pahami, kuasai, dan bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai prosedur apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab dalam pengamanan Pilkades. Serta beradaptasi dengan mengenali lingkungan lokasi pengamanan. 

"Kepada seluruh personil agar selalu menjaga kesehatan, membina, dan menjalin komunikasi serta koordinasi yang baik antar personel pengamanan, juga dengan Panitia Pemilihan disetiap tingkat desa. Laksanakan tugas dengan penuh semangat, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab. Juga mengedepankan netralitas selama jalannya Pilkades," pesannya. (*)

Penulis: Fansi Runggat

  • Bagikan