Ukir Prestasi Nasional, Sumba Timur Raih Anugerah Merdeka Belajar 2023

  • Bagikan
PENGHARGAAN. Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumba Timur, Erwin Pasande, S.Sos mewakili Bupati Sumba Timur usai menerima penghargaan Merdeka Belajar dari Kemenristek RI. Nampak Erwin Pasande, S.Sos dan berbincang-bincang dengan Menristek Nadiem Makarim. (FOTO: ISTIMEWA).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Pemerintahan Sumba Timur dibawa kepempinan Bupati Drs. Khristofel Praing, M.Si dan Wakil Bupati David Melo Wadu, ST kembali mengukir prestasi ditingkat nasional khusus pada bidang pendidikan.

Kali ini, kabupaten bermottokan Matawai Amahu Padanjara Hamu itu meraih Anugerah Merdeka Belajar 2023 Kategori Transformasi Pembelajaran.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A pada puncak peringatan Bulan Merdeka Belajar Kemendikbudristek RI di Gedung Trimurti, Kompleks Ramayana Ballet, Prambanan, Sleman, DIY, Senin (29/5).

Penghargaan itu diterima oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sumba Timur, Erwin Pasande, S.Sos mewakili Bupati Sumba Timur.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 yang mengusung tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.

Malam Puncak Peringatan Bulan Merdeka Belajar tahun 2023 dibuka dengan karnaval pagelaran seni yang dilakukan dari Museum Benteng Vredeburg hingga Titik Nol Kilometer, Yogyakarta, ziarah makam Ki Hajar Dewantara, serta pemberian anugerah.

Anugerah Merdeka Belajar diberikan kepada pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam Gerakan Merdeka Belajar sehingga berhasil meningkatkan mutu pendidikan di daerah masing-masing.

Kabupaten Sumba Timur menerima penghargaan prestisius Anugerah Merdeka Belajar 2023 dalam kategori Kabupaten Inspiratif Tingkat Kabupaten 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) sub kategori Transformasi Pembelajaran.

Pemberian penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan keberhasilan Kabupaten Sumba Timur dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Kabupaten Sumba Timur menerima penghargaan ini atas dedikasi dan inovasi yang luar biasa dalam melaksanakan transformasi pembelajaran. Melalui upaya yang berfokus pada peningkatan kualitas guru, penerapan teknologi dalam pembelajaran, peningkatan aksesibilitas pendidikan, serta pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan lokal, Kabupaten Sumba Timur berhasil mencapai transformasi pendidikan yang signifikan.

Plt. Kadis Pendidikan Kabupaten Sumba Timur menyatakan, bahwa penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi semua pihak yang terlibat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumba Timur. Selain itu, ia berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk terus berinovasi dalam mendukung pendidikan yang berkualitas.

Anugerah Merdeka Belajar merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kemendikbudristek sebagai bentuk apresiasi terhadap daerah-daerah yang berhasil mencapai prestasi luar biasa dalam menerapkan konsep Merdeka Belajar. Konsep ini mengedepankan prinsip bahwa pendidikan harus berpusat pada peserta didik, memberikan kebebasan kepada mereka untuk mengatur dan mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran. (*/yl)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan