Sumtim Tuan Rumah Kejurnas Grasstrack Putaran Terakhir 

  • Bagikan
KEJURNAS. Bupati Sumtim, Khristofel Praing, Ketua IMI NTT Gavriel Novanto, Ketua DPRD Sumtim Omar Ali Fadaq, Kapolres AKBP Fajar Widyadharma, Dandim 1601/Sumtim Lekol Czi Aditya Triwirawan ketika menghadiri pembukaan Kejurnas Grasstrack Region III Putaran V NTT 2023, Jumat (22/9). (FOTO: IMI NTT FOR TIMEX).

WAINGAPU, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) ditunjuk sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Grasstrack Region III Putaran V NTT 2023, Jumat (22/9).

Kejurnas yang digelar oleh Stradcom di Sirkuit Walakiri Pandawai itu dibuka secara langsung oleh Bupati Kabupaten Sumtim Khristofel Praing, didampingi Ketua IMI NTT Gavriel Novanto. 

Pembukaan dihadiri juga oleh Ketua DPRD Sumtim Omar Ali Fadaq, Kapolres Sumba Timur AKBP Fajar Widyadharma, serta Dandim 1601/Sumtim Lekol Czi Aditya Triwirawan. 

Kejurnas terakhir untuk tahun 2023 ini memperebutkan dua sesi yakni, kejurnas piala Gavriel Novanto dan kejuaraan daerah (Kejurda) piala Stevano Andranacus. 

Ketua IMI NTT Gavriel Novanto dalam sambutannya mengatakan, Kejurnas Grasstrack sebelumnya telah digelar di Kota Kupang dan Kabupaten TTS. "Semoga event terakhir ini bisa lebih sukses dari sebelumnya," ujarnya.

Menurutnya, Kejurnas Grasstrack putaran terakhir di Sumtim diikuti oleh 50 pembalap dengan 101 starter. Para pembalap datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bali, NTB dan Pulau Jawa.

Kegiatan ini juga dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi pasca-covid 19 karena peserta dari luar Pulau Sumba pasti butuh penginapan, makanan bahkan ole-ole yang menjadi ciri khas Pulau Sumba.

"Kegiatan ini tidak hanya memfasilitasi hobi tetapi juga dapat merangsang pembangunan sport tourism di NTT khususnya Sumtim. Selain itu bisa membantu pendapatan UMKM lokal di lokasi grasstrack," jelas Gavriel Novanto. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Stevano Andranacus yang sudah bergandengan tangan  bersama saya, untuk mensukseskan kegiatan ini. Walaupun kita berdua calon anggota DPR RI dari Dapil yang sama di partai yang berbeda, saya dari Golkar dan beliau dari PDI-P tapi kita berdua disatukan oleh otomotif," tambahnya.

Bupati Khristofel Praing mengatakan, dia mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Sumtim mengucapkan terima kasih kepada Ketua IMI NTT Gavriel Novanto, yang telah menunjuk Sumba Timur sebagai tempat pergelaran Kejurnas Grasstrack putaran terakhir.

"Apresiasi luar biasa kita harus berikan kepada IMI karena Kejurnas dan Kejurda bisa dilaksanakan di Sumtim. Ini sesuatu yang luar biasa, karena dua orang muda yakni Gavriel Novanto dan Stevano Andranacus bisa menyelenggarakan kegiatan besar ini di Sumtim," ucapnya.

Dia berharap, tahun berikutnya Sumtim selalu masuk dalam kalender Kejurnas maupun Kejurda otomotif, sehingga ekonomi dan wisata bisa kembali geliat pasca-covid 19.

"Semoga nantinya event demi event bisa terselenggara terus di Sumtim. Tadi kita mendengarkan Gavriel Novanto bahwa akan mengambil tiga seri untuk NTT. Mudah-mudahan tahun depan satu atau dua seri bisa dilaksanakan di Sumba Timur," tutupnya. (*/r3)

  • Bagikan