Semua Cawapres Bakal Tampil Maksimal,Debat Kedua Tema Ekonomi Digelar Nanti Malam

  • Bagikan
SALMAN TOYIBI/JAWA POS PRESCON DEBAT. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari (tengah) didampingi komisioner KPU usai menyampaikan informasi terkait aturan main debat cawapres di gedung KPU, Jakarta, Kamis (21/12).

Gibran Dapat Giliran Paparan Pertama

JAKARTA, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Debat kedua yang menampilkan para calon wakil presiden digelar di Jakarta Convention Center, nanti malam. Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD akan beradu gagasan terkait tema ekonomi.

Tema tersebut terbagi dalam beberapa sub tema. Yakni ekonomi makro, ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur hingga perkotaan.

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar sudah melakukan sejumlah persiapan. Juru bicara Timnas Amin Billy David menyebut, bakal ada kejutan dari cawapres Muhaimin Iskandar saat debat nanti. Hanya, Billy masih belum mau membocorkan lebih detail kejutan yang dimaksud.

"Cak Imin sudah menyiapkan kejutan," kata Billy saat dikonfirmasi Jawa Pos (grup Timex), Kamis (21/12).

Saat debat capres pertama, capres Anies Baswedan dinilai cukup banyak membuat kejutan. Salah satunya berupa ungkapan Wakanda No More, Indonesia Forever. Ungkapan itu ramai menjadi perhatian khalayak, terutama di media sosial. Apakah Cak Imin juga akan membuat kejutan semacam itu? "Mungkin ada lagi," kata Billy.

Billy menyebut, selain menyiapkan ungkapan, pihaknya juga bakal menyajikan paparan visi ekonominya berdasar data. Baik itu data yang berasal dari penelitian maupun data yang diperoleh saat turun ke lapangan.

"Data-data yang belum diketahui publik juga akan muncul. Peristiwa-peristiwa yang kita temukan selama perjalanan kampanye akan diungkap di debat," bebernya.

Sejumlah dewan pakar Timnas Amin, lanjut Billy, punya peran penting dalam persiapan debat nanti malam. Selain itu, ada pula dua sosok Co-Captain Timnas, yakni Thomas Lembong dan Leontinus Alpha Edison yang terlibat dalam sinkronisasi perumusan poin-poin yang akan dibawa ke dalam debat.

"Mereka semua punya kapabilitas," imbuh Billy.

Terkait posisi Amin dalam memandang proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mungkin akan disinggung saat debat, Billy memastikan Gus Muhaimin satu suara dengan capres dan partai Koalisi Perubahan (PKB, Nasdem, PKS).

"Yang jelas kita gak pernah mengatakan akan membatalkan IKN karena sudah menjadi undang-undang, tapi kalau harus ditinjau ulang, maka diperlukan tinjauan akademik, kajian ekonomi dan kajian lain," jelasnya.

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka juga telah melakukan persiapan. Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko mengatakan, persiapan dilakukan dengan melibatkan tim pakar yang ada di Jakarta maupun tim di Solo. Mengingat, Gibran berkegiatan di dua kota.

Secara umum, Budiman tidak risau, mengingat tema yang dibahas merupakan isu yang menjadi keseharian Gibran. Meski dalam skala yang lebih kecil sebagai wali kota.

"Itu (isu) sarapan paginya mas gibran," ujarnya.

Soal gagasan di bidang ekonomi, Budiman memastikan Prabowo-Gibran sudah menyusun. Beberapa isu yang menjadi andalan seperti program hilirisasi jadi program unggulan. Kemudian, ada juga ekonomi kerakyatan. Untuk isu tersebut, pihaknya akan menyiapkan ekosistem yang seimbang.

"Percuma kita kasih kredit ke UMKM dan koperasi jika daya beli masyarakatnya tidak menyerap itu," ujarnya.

Sehingga peningkatan daya beli dan pengembangan ekonomi kerakyatan harus satu tarikan nafas.

Dewan Pakar TKN juga telah memberi sejumlah inside kepada Gibran.

"Mas Gibran menjadi diri sendiri, berbicara apa yang dia ketahui, dia alami dan itu sudah lebih dari cukup," tuturnya membeberkan masukan dewan pakar.

Lantas, apakah akan ada kejutan?

"Kalau kejutan disampaikan bukan kejutan namanya," kata mantan aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD) tersebut.

Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD juga melakukannya. Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Arwani Thomafi mengatakan, meski Mahfud berlatar belakang hukum, isu ekonomi tetap dalam jangkauan. Sebab, pengalaman di pemerintahan diyakini akan sangat membantu.

"Sebagai pejabat di pemerintah selalu bersinggungan dengan persoalan-persoalan ekonomi. Sebagai Menkopolhukam, sebelumnya sebagai anggota DPR lalu sebagai ketua MK," jelasnya.

Sementara itu, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebut ada banyak isu yang akan ditonjolkan dalam debat cawapres. Yang pertama adalah target pertumbuhan ekonomi ke depan yang ditargetkan 7 persen.

Dengan target tersebut, Indonesia bisa lepas dari jebakan negara kelas menengah. "Artinya kita musti betul-betul menyiapkan diri dengan segala skenario," ujarnya.

Isu lain menyangkut penguatan UMKM. Ganjar menekankan, UMKM Indonesia memerlukan fasilitas dan pendampingan oleh negara.

"Terus industri kreatif. Ini banyak disukai oleh anak-anak muda dan itu yang nanti pasti akan jadi perbincangan yang hangat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan kesiapan teknis debat sudah siap. Ketua KPU RI Hasyim Asyari mengatakan, hampir semua teknis dan format debat akan sama dengan debat perdana. Yang membedakan di debat kedua nanti malam adalah susunan penyempaian visi misi dan program. Jika pada debat perdana, nomor urut 1 yang memulai, pada debat kedua kesempatan pertema jadi milik nomor urut 2.

"Besok debat ketiga akan dimulai oleh calon presiden nomor urut 3," ujarnya dalam konferensi pers di kantor KPU RI Jakarta.

Soal evaluasi ketertiban peserta, Hasyim menegaskan di debat kedua akan diupayakan lebih baik. KPU bersama masing-masing tim paslon telah menyepakati menertibkan rombongan masing-masing.

"Sehingga akan mengendalikan kehadiran kemudian tata tertib dalam ruangan debat, itu oleh LO dari masing-masing pasangan calon," tegasnya. (far/tyo/jpg/ays)

  • Bagikan