MUSIM THE MAGPIES SUDAH HABIS

  • Bagikan
NET TERSINGKIR. Aksi Bernardo Silva menaklukkan tiga pemain bertahan Newcastle United dalam laga dinihari kemarin.

MANCHESTER,TIMEX.FAJAR.CO.ID – Ekspektasi besar diberikan keluarga Kerajaan Arab Saudi lewat Public Investment Fund (PIF) ketika mengakui sisi Newcastle United musim lalu. Ekspektasi itu adalah mengejar level Manchester City sebagai sesama klub milik investor Timur Tengah.

City dimiliki oleh City Football Group yang dipimpin Syekh Mansour bin Zayed Al Nahyan sejak 2008. Selain keturunan dinasti emirat di Abu Dhabi, dia adalah wakil perdana menteri sekaligus menteri urusan kepresidenan di Uni Emirat Arab.

Sayang, hingga musim kedua, Newcastle United belum mampu mendekati level City. Bahkan, kemarin (17/3) The Magpies –julukan Newcastle United– boleh dibilang bakal mengakhiri musim ini tanpa gelar setelah dikandaskan City di perempat final Piala FA.

Dalam laga di Stadion Etihad, kandang City, The Magpies kalah oleh brace (dua gol dalam satu laga) gelandang Bernardo Silva. Masing-masing pada menit ke-13 dan 31.

Hasil negatif itu melengkapi kegagalan The Magpies memburu trofi juara di Piala Liga dan Liga Champions. Untuk Premier League, skuad asuhan Eddie Howe masih tercecer di peringkat kesepuluh. Mengulang capaian finis 4 besar seperti musim lalu pun hampir mustahil. Dilansir di laman resmi klub, Howe menyebut memang sulit bagi timnya untuk menyamai level permainan City.

’’Perbedaannya bukan hanya kualitas teknis tim, tetapi juga individu. Mereka berada di level tertinggi,” tutur Howe.

Meski tampil lebih baik di babak kedua, Howe menyebut anak asuhnya tidak memiliki mentalitas untuk comeback dari ketertinggalan.

’’Kami berusaha memainkan permainan terbaik kami dan memaksa mereka (City) supaya melakukan kesalahan, tetapi kami tetap tidak mampu,’’ imbuh pelatih terbaik Inggris ketika menangani AFC Bournemouth pada 2015 itu.

Pertahanan yang buruk jadi kunci jebloknya performa The Magpies musim ini. Total sudah 59 gol yang bersarang ke gawang The Magpies dari 41 pertandingan. Jauh dari rapor defense mereka musim lalu, kemasukan 39 gol dari 46 pertandingan.

Kegagalan Howe membawa pulang trofi juara dalam dua musim awal era PIF pun memunculkan rumor tentang masa depan pelatih 46 tahun itu. Ada rumor PIF akan menarik Roberto Mancini yang kini menjabat pelatih timnas Arab Saudi ke Darsley Park, kamp latihan The Magpies. Mancini sekaligus mantan pelatih City.

Sebagai perbandingan, City di awal kepemilikan Syekh Mansour sudah mampu memenangkan trofi juara pada musim kedua. Yaitu dengan memenangi Piala FA 2009. Pada musim ketiga, City sukses memenangi Premier League. (ren/c18/dns/jpg/rum)

Back-to-Back
Keluarga Kerajaan

Arab Saudi
tanpa Trofi

Ajang Musim 2022–2023 Musim 2023–2024

Piala Liga Runner-up Perempat final

Kalah 0-2 oleh Manchester United Kalah adu penalti 2-4 oleh Chelsea

Piala FA Putaran ketiga Perempat final

Kalah 1-2 oleh Sheffield Wednesday Kalah 0-2 oleh Manchester City

Premier League Peringkat keempat Peringkat kesepuluh

         Lolos ke Liga Champions             (Hingga matchweek ke-28)

Liga Champions - Fase gup

Juru kunci grup

  • Bagikan