Golkar Tutup Pintu untuk Kandidat Luar Partai

  • Bagikan
Melki Laka Lena

Provinsi Melki Laka Lena, Kota Jonas Salean

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Mendekati pemilihan kepala daerah serentak, 27 November 2024 mendatang, sejumlah partai politik mulai mengusung kader-kadernya.

Seperti Partai Golkar, secara tegas mengusung Emanuel Melkiades Laka Lena sebagai bakal calon gubernur NTT dan Jonas Salean sebagai bakal calon wali kota Kupang. Selain itu, beberapa kader juga sudah diorbitkan untuk menjadi bakal calon bupati dan wakil bupati.

Ketua Bappilu Golkar NTT, Frans Sarong kepada Timor Express, Selasa (19/3) menjelaskan, sesuai keputusan pleno DPD I Partai Golkar NTT, bakal calon wali kota Kupang yang diusung tunggal, yakni Jonas Salean. Ia menegaskan, hingga saat ini tidak ada ruang untuk mendiskusikan kemungkinan kandidat lain melalui Partai Golkar.

Sementara untuk pilgub, Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena masih tercatat sebagai bakal calon gubernur NTT dengan keputusan dari partai.

"Melki Laka Lena termasuk dalam kelompok 1.117 bacakada  se-Indonesia yang bulan November 2023 menerima surat perintah (sprin) khusus dari Ketum Golkar, Airlangga Hartarto. Sprin itu berisikan penugasan khusus memenangkan Partai Golkar dan pilpres, sebelum pilkada," ungkap Frans.

Dijelaskan, melalui pleno yang diadakan di Kupang dua pekan lalu, nama Melki Laka Lena masih tetap tunggal sebagai bakal calon gubernur NTT dan Jonas Salean tetap menjadi bakal calon tunggal yang diusung oleh Partai Golkar dalam pilwalkot 2024.

Tentang langkah selanjutnya, apakah akan diperluas atau ada opsi lain, Frans mengaku masih menunggu arahan dari DPP Partai Golkar.

Ia menyatakan bahwa sampai saat ini dalam ranah partai belum ada pembahasan mengenai unsur pimpinan wakil pimpinan DPRD NTT periode 2024-2029, termasuk kemungkinan mengerucut pada nama-nama caleg tertentu untuk menduduki jabatan tersebut bersama dengan alat kelengkapan lainnya di DPRD NTT.

"Tentang agenda itu mungkin baru akan dibahas setelah para caleg terpilih dilantik. Jika di luar sana sudah ada nama-nama caleg (terpilih) tertentu yang akan menduduki kursi pimpinan DPRD NTT itu kabar yang belum pasti," ujar Frans.

Terpisah, Sekretaris DPW Partai Nasdem Provinsi NTT, Yusak Meok mengaku, siapa kader yang diusung Partai Nasdem untuk maju dalam pilwalkot maupun pilgub, hingga saat ini belum dibahas. Hal ini disebabkan karena masih menunggu keputusan resmi terkait caleg yang akan dilantik.

"Bakal calon belum kami bahas, karena kami masih menunggu hasil akhir dari calon legislatif yang masih dalam proses dan belum selesai," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena menyebut beberapa nama yang akan diusung oleh Partai Golkar untuk maju dalam perhelatan pemilihan kepala daerah di kabupaten dan kota di Provinsi NTT.

Melki menyebut, nama yang diusung untuk maju dalam pilkada wali kota Kupang, hanya Jonas Salean sebagai bakal calon tunggal.

"Sementara untuk maju bakal calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi NTT, nama saya memang sudah ditugaskan untuk maju sebagai bakal calon gubernur NTT," jelasnya saat diwawancarai di hotel Kristal, beberapa waktu lalu.

Melki Laka Lena yang namanya juga santer disebut akan masuk dalam kabinet presiden periode 2024/2029 mengaku, hal itu merupakan kebijakan prerogatif dari presiden. "Kalau saya prinsipnya mengalir saja, diberikan tanggung jawab apa dikerjakan saja dengan tanggung jawab," ungkapnya.

"Tetapi kalau boleh memilih saya ingin tetap menjadi anggota DPR RI, tetapi dalam politik, tentunya mengikuti petunjuk dan perintah partai," tambahnya.

Melki menyebutkan beberapa nama bakal calon kepala daerah di beberapa kabupaten di NTT yang telah mendapat rekomendasi dan ditugaskan dari DPP Partai Golkar, di mana surat itu diserahkan langsung Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto.

Untuk Kabupaten Alor ada beberapa nama yang ditugaskan yakni Nita Blegur, Soleman Sing, Aser Leopada dan Alfonsa Fanisius Korang. Kabupaten Belu direkomendasi Agustinus Taolin dan Johanes Nahak.

Untuk Kabupaten Ende, ada nama Dominikus Mere, Herman Yoseph Wadi dan Lori Gadi Djo. Untuk Flores Timur ada  nama Yoseph Bethan dan Herman Hayong, Kabupaten Kupang ada Jerry Manafe dan Daniel Taimenas.

Untuk Kabupaten Lembata ada Yonas de Rosari, Kabupaten Malaka ada Stefanus Bria Seran dan Adrianus Bria Seran. Kabupaten Manggarai Herybertus Nabut, Kabupaten Manggarai Barat ada nama Rohinus Rahmat dan Julianus Weng, Kabupaten Manggarai Timur ada nama Frans Sarong dan Yoseph Wade serta Kabupaten Ngada ada nama Andreas Paru.

Kabupaten Nagekeo ada nama Cristianus Dua dan Marsel Anowawo, Kabupaten Rote Nado ada Stefanus Weng dan Vico Amalo, Kabupaten Sabu Raijua ada nama Simon Dira Tome, Kabupaten Sikka diusung nama Gergonius Nago Bapa, Kabupaten Sumba Barat Daniel Billi, Kabupaten Sumba Barat Daya ada nama Christian Taka dan Antonius Umbu Zaza, Kabupaten Sumba Tengah, Melki Umbu Hungar, Kabupaten Sumba Timur diusung Umbu Lili Peku Wali.

Untuk Kabupaten TTS diusung Egusem Pieter Tahun serta Kabupaten TTU diusung David Juandi dan Cristo Epi.

"Nama-nama ini sudah diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang ditugaskan untuk mempersiapkan diri sebagai bakal calon kepala daerah. Ini sudah mulai berjalan sebelum proses pileg," pungkasnya. (cr3/thi/ays)

Nama-nama Bacalon yang Diusung Partai Golkar

  1. Provinsi

– Emanuel Melkiades Laka Lena

  • Kota Kupang

– Jonas Salen

  • Kabupaten Alor

- Nita Blegur

- Soleman Sing

- Aser Leopada

- Alfonsa Fanisius Korang

4. Kabupaten Belu

- Agustinus Taolin

- Johanes Nahak

5. Kabupaten Ende

- Dominikus Mere

- Herman Yoseph Wadi

- Lori Gadi Djo

6. Kabupaten Flores Timur

- Yoseph Bethan

- Herman Hayong

7. Kabupaten Kupang

- Jerry Manafe

- Daniel Taimenas

8. Kabupaten Lembata

- Yonas de Rosari

9. Kabupaten Malaka

- Stefanus Bria Seran

- Adrianus Bria Seran

10. Kabupaten Manggarai

- Herybertus Nabut

11. Kabupaten Manggarai Barat

- Rohinus Rahmat

- Julianus Weng

12. Kabupaten Manggarai Timur

- Frans Sarong

- Yoseph Wade

13. Kabupaten Ngada

- Andreas Paru

14. Kabupaten Nagekeo

- Cristianus Dua

- Marsel Anowawo

15. Kabupaten Rote Nado

- Stefanus Saek

- Vico Amalo

16. Kabupaten Sabu Raijua

- Simon Dira Tome

17. Kabupaten Sikka

- Gergonius Nago Bapa

18. Kabupaten Sumba Barat

- Daniel Billi

19. Kabupaten Sumba Barat Daya

- Christian Taka

- Antonius Umbu Zaza

20. Kabupaten Sumba Tengah

- Melki Umbu Hungar

21. Kabupaten Sumba Timur

- Umbu Lili Peku Wali

22. Kabupaten TTS

- Egusem Pieter Tahun

23. Kabupaten TTU

- David Juandi

- Cristo Epi

SUMBER: Olahan Timex

  • Bagikan