Setelah Rossi Pensiun, Kini Nomor Start 46 Dipensiunkan dari MotoGP

  • Bagikan
LEGENDA. Presiden FIM, Jorge Viegas (kiri) bertepuk tangan dalam seremoni pemensiunan nomor start 46 milik Valentino Rossi di Sirkuit Mugello, Sabtu (28/5). (FOTO: Filippo MONTEFORTE/AFP/JawaPos.com)

ROMA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Valentine Rossi kembali ke Sirkuit Mugello, di tengah gelaran MotoGP Italia. Kehadiran rider dengan julukan The Doctor itu bukan untuk membalap. Maklum Rossi sudah memutuskan pensiun dari dunia balapan MotoGP beberapa waktu lalu.

Hari ini (28/5), Rossi hadir di Sirkuit Mugello untuk menyaksikan seremoni memensiunkan nomor start legendaris #46. Seremoni tersebut digelar di lintasan lurus panjang Sirkuit Mugello.

Jumlah kehadiran penonton di sirkuit sepanjang akhir pekan ini dilaporkan menurun cukup signifikan dibandingkan dengan saat Rossi masih aktif membalap. Namun, pada siang hari, di saat acara tersebut digelar, para penonton berkumpul menyemut di grand stand utama sirkuit tersebut demi menyaksikan kehadiran The Doctor.

Di Sirkuit Mugello itu, Rossi pernah menjadi raja dengan meraih kemenangan enam tahun beruntun pada 2002-2008. Seluruh kru tim dan mekanik juga terlihat menonton dari pitlane.

”Perasaanku campur aduk,” seru Rossi. ”Di satu sisi tentu saja aku sedih bahwa aku sudah pensiun dan nomor 46 dipensiunkan,” ungkapnya.

”Di sisi lain, rasanya luar biasa karena ini sebuah kisah yang panjang. Sebuah perjalanan karir yang tidak akan terlupakan. Penuh dengan momen-momen luar biasa,” sambungnya.

”Jadi, aku sungguh bangga dan senang bisa kembali ke Mugello. Sebuah tempat istimewa, grand prix kandang kami (VR46),” ujarnya.

”Juga karena aku selalu membalap dengan nomor 46. Jadi 46 sangat berarti bagiku. Dan ini juga nomor yang dipakai ayaku, Graziano,” sebutnya.

Setelah pensiun dari MotoGP akhir musim lalu, Rossi langsung ditabalkan sebagai legenda MotoGP.

Sementara nomor 46, kini menyusul 27 milik Casey Stoner, 69 milik Nicky Hayden, dan 34 milik Kevin Schwantz yang sudah dipensiunkan lebih dulu. (jpc/jpg)

  • Bagikan