AIA Ajak Warga Kota Kupang Terapkan Pola Hidup Sehat

  • Bagikan
JALAN SEHAT. Peserta Fun Walk with AIA Vitality ketika dilepas di titik star, Lapangan Polda NTT, Sabtu (22/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

Gelar Fun Walk Libatkan Ribuan Warga

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-PT AIA FINANCIAL (AIA), asuransi jiwa terdepan dan tepercaya di Indonesia, untuk pertama kalinya menyelenggarakan "Fun Walk with AIA Vitality" bagi para agen yang disebut juga sebagai Life Planner, nasabah, serta masyarakat umum di Kupang.

Peserta Fun Walk with AIA Vitality mengambil titik star dari Halaman Polda NTT lalu keluar ke jalan Jenderal Soeharto lalu masuk ke jalan El Tari memutar kembali di depan Gereja Anugerah El Tari dan kembali ke Jalan Soeharto finis di Polda NTT. Acara dilanjutkan dengan senam Zumba bersama.

Indrasena Patmawidjaja, Direktur Keagenan AIA menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan AIA Vitality melalui jalan sehat untuk memporopori gaya hidup sehat. Karena ini yang pertama kali dilangsungkan di Kota Kupang. "Berkat kerjasama tim sangat luar biasa dan ini adalah rangkaian kegiatan dari AIA Vitality," ujarnya.

Dikatakan, sebagai perusahan asuransi, yang paling penting diharapkan pihaknya adalah soal kesehatan sehingga bagi nasabah yang sehat akan diberikan reward.

Ditegaskan, semua keluarga di Indonesia seluruhnya penting terutama pada kesehatannya. Visi dari perusahaan AIA adalah hadir untuk memberikan kesehatan kepada jutaan masyarakat Indonesia.

"Biasanya kita tukut sakit atau takut meninggal jadi kita auransi tapi di AIA berbeda karena selama kita sehat, kita diberikan vocer dan reward karena bagi kami keluarga yang sehat itu kebahagiaan untuk kami," bebenya.

Jong Wie Siu, Head of AIA Vitality dalam kesempatan tersebut menyatakan, AIA Vitality adalah program kesehatan dan kebugaran dari AIA Fainance. Program tersebut dengan sasaran nasabah.
"Kami melakukan program kesehatan sederhana dan simpel kepada nasabah tapi memberikan dampak kesehatan yang luar biasa dan menjadi bagian dari masyarakat produktif," sebutnya.

Bagi keagenan, kata Jong, AIA Vitality memiliki perbedaan tersendiri dengan pelaku asuransi lainnya di Indonesia. Bagi masyarakat sudah jelas karena akan memberi dampak kepada ekonomi masyarakat karena nasaba sehat dan mengurangi beban pemerintah.

"Berikan peluang lebih kepada AIA untuk melakukan penetrasi asuransi, proteksi perlindungan yang semakin banyak masyarakat di Kota Kupang," jelasnya.

Lilyana Chandra, Direktur KPG Chandra Utama Agency menjelaskan, kegiatan tersebut dihelat di Kota Kupang karena dalam 10 tahun AIA hadir di daerah ini, belum pernah ada kegiatan besar seperti ini.

"Asuransi pada umumnya itu, mengasuransikan barang, proteksi kesehatan karena usia, juga kecelakaan. Tetapi AIA berbeda karena dengan melangkah dan sehat maka akan dibayar. Saat ini baru 2.000 nasabah," katanya.

Dikatakan, pihaknya terus mempromosikan AIA Vitality kepada masyarakat karena kesehatan itu sangat penting. Ketika asuransi kesehatan maka secara otomatis kita akan menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kebugaran.

"Ketika kita sehat, kita nasabah akan diberikan reward dan itu bisa kita nikmati selama kita sehat. Jadi ini yang menjadi perbedaan kita," sebutnya.

Untuk diketahui, Badan Pusat Statistik melalui laporan "Statistik Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur 2021" menyebutkan, tingkat kesakitan (morbidity rate) penduduk NTT pada 2021 mencapai 47,24 persen. Artinya hampir setengah penduduk NTT mempunyai keluhan kesehatan yang mengakibatkan kegiatan sehari-hari mereka menjadi terganggu.

Sayangnya, tingkat kesakitan yang relatif tinggi tersebut tidak diiringi dengan kepemilikan asuransi swasta. Data yang sama menunjukkan hanya 0,1 persen dari 5,4 juta penduduk NTT yang melengkapi proteksinya dengan asuransi swasta.

Pada 2022, AIA mencatat kontribusi ANP atau premi yang disetahunkan di NTT mencapai Rp 2,66 miliar. Catatan positif ini tidak lepas dari peran para Life Planner yang tergabung dalam KPG Chandra Utama Agency sebagai satu-satunya keagenan AIA di NTT dan tulang punggung pemasaran produk AIA di provinsi tersebut. Active agent di KPG Chandra Utama juga melebihi angka rata-rata nasional yaitu 32 persen.

Berkat Life Planner yang berkualitas dan solid, AIA berhasil mencatat pertumbuhan kuat perusahaan sepanjang 2021 dengan membukukan pengelolaan aset sebesar Rp55 triliun dan dipercaya mengelola total dana investasi nasabah (total aset investasi) sebesar Rp 50 Triliun.

AIA juga mencatat total pendapatan sebesar Rp15,9 triliun dan telah membayarkan total klaim kepada nasabah sebesar Rp11,49 triliun sebagai komitmen utama AIA sebagai perusahaan asuransi tepercaya di Indonesia. Sebagai perusahaan asuransi jiwa dengan keuangan yang sehat, AIA memiliki tingkat rasio solvabilitas mencapai 660 persen jauh di atas ketentuan pemerintah yakni 120 persen. (r3/gat)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan