Megabintang Cristiano Ronaldo Tetap Moncer, Jadi Pemain Pertama Cetak Gol di 5 Piala Dunia

  • Bagikan
Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo. (FOTO: JawaPos.com)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ketajaman megabintang Cristiano Ronaldo di lapangan hijau tak perlu diragukan lagi. Setelah mengakhiri dramanya dengan Manchester United, bintang Timnas Portugal ini kembali membuat torehan sejarah di Piala Dunia.

Terbaru, Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang sukses mencetak gol di lima Piala Dunia berbeda. Pencapaian membanggakan ini terjadi saat laga Portugal melawan Ghana di Piala Dunia Qatar 2022.

Wasit menunjuk titik putih setelah Ronaldo yang sedang bermanuver di kotak penalti dilanggar oleh Mohammed Salisu. Ronaldo tanpa ragu pun langsung melesakkan tendangan ke gawang kiper Lawrence Ati-Zigi pada menit 65.

Gol ini membuat Ronaldo sudah mencetak total 8 gol dari 18 penampilannya di Piala Dunia sejak berlaga perdana di Piala Dunia Jerman 2006 silam.

Berikut adalah rekam jejak delapan gol Ronaldo di lima Piala Dunia yang dia ikuti:

Piala Dunia Jerman 2006

Ronaldo mencetak gol perdananya dalam laga melawan Iran pada fase grup. Gol debutnya itu lahir dari tendangan penalti di menit 80. Gol tersebut membuat Ronaldo menjadi pemain Portugal termuda yang mencetak gol di Piala Dunia, di mana saat itu ia baru berusia 21 tahun 132 hari.

Piala Dunia Afrika Selatan 2010

Ronaldo membuat gol keduanya di Piala Dunia setelah menyumbang satu angka kala Portugal membantai Korea Utara 7-0.

Piala Dunia Brasil 2014

Gol ketiga Ronaldo di Piala Dunia terjadi dalam laga melawan Ghana di fase grup. Ronaldo menjadi penentu kemenangan tim di mana gol yang ia ciptakan membuat Portugal menang 2-1, walaupun mereka gagal melaju ke babak 16 besar.

Piala Dunia Rusia 2018

Berusia 33 tahun tidak membuat performa Ronaldo kendor. Terbukti, ia berhasil mencetak empat gol di Piala Dunia Rusia 2018. Tiga gol ia cetak dalam laga yang sangat seru kontra Spanyol, yang sekaligus membuat Ronaldo menjadi pemain paling tua yang sukses mencetak hattrick di Piala Dunia. Sementara, satu gol lagi terlahir di laga melawan Maroko.

Piala Dunia Qatar 2022

Ronaldo mengukir sejarah sebagai pemain pertama yang mencetak gol di lima Piala Dunia setelah sukses mengeksekusi penalti kala Portugal menghadapi Ghana di fase grup. (jpc/jpg)

  • Bagikan