PBB NTT Mulai Gerakkan Mesin Politik, Ini Target di Pemilu 2024

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Penetapan dan pengundian nomor urut partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 telah berlangsung pada Rabu (14/12) lalu. Selepas pengundian itu, masing-masing parpol mulai menggerakan mesin politiknya. Salah satunya Partai Bulan Bintang (PBB) yang dalam pengundian itu mendapat nomor 13 untuk Pemilu 2024 nanti.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Nusa Tenggara Timur, Irfan El Hassan menyampaikan, PBB NTT telah melakukan penguaran koordinasi dari setiap perwakilan cabang kabupaten/kota untuk membentuk Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu).

“Kami rekrut semua kalangan, baik dari tokoh agama, pensiunan birokrasi, tokoh pemuda atau yang berminat maju caleg 2024 nanti, baik tingkat 2 kab/kota atau tingkat 1 caleg provinsi,” tuturnya.

Irfan berharap, setiap kab/kota dapat terisi sesuai alokasi kursi yang disiapkan KPU. Sementara untuk pengadaan rapat koordinasi (Rakor) akan dilaksanakan pada Januari 2023 setelah Rakornas.

Irfan menyebutkan, target PBB NTT di Pemilu 2024 adalah bisa mendapatkan dua kali lipat dari raihan Pemilu 2019, dimana PBB mendapatkan 6 kursi di DPRD kabupaten/kota.

“Perolehan di 2019 kami ada 6 kursi DPRD tingkat kabupaten/kota, 2 di Kabupaten Kupang, 1 Sumba Tengah, 1 Alor, 1 Manggarai Timur, dan 1 Manggarai Barat. Semoga bisa dapat dua kali lipat dari itu,” harapnya.

Ia juga mengatakan, PBB berambisi untuk mendapatkan dua kursi DPRD Provinsi NTT. Sebab, apabila dilihat dari dapil Manggarai Barat telah ada 1 dewan dan Manggarai Timur 1 dewan dan 1 wakil bupati.

Menurutnya, apabila PBB bisa kerja lebih serius maka bisa mendapatkan kursi di DPRD Provinsi dari dapil Manggarai.

Ketika disinggung mengenai capres dan cawapres, Irfan menyebut PBB NTT masih menunggu arahan dari PBB Pusat terkait dukungan terhadap nama-nama capres yang telah muncul, yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Sementara untuk lobi-lobi yang dilakukan oleh parpol lain terhadap PBB telah dilakukan oleh PDIP. Irfan menyebut, di Manggarai Timur, PDIP telah melakukan pendekatan ke PBB. Selain itu, ada pula di Kabupaten Alor yang dilakukan oleh NasDem kepada PBB untuk mengusung wakil bupati dari PBB. (Cr1)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan