Bidan Harus Profesional dalam Pelayanan

  • Bagikan
FOTO BERSAMA. Bupati Sumba Timur Drs. Khristofel Praing, M.Si pese bersama dengan para bidan usai membuka Raker Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Sumba Timur. (FOTO: ISTIMEWA).

Bupati Sumba Timur Buka Raker IBI

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Sumba Timur dibawa kepemimpinan Bupati Drs. Khristofel Praing, M.Si dan Wakil Bupati David M. Wadu, ST memberi perhatian khusus terhadap kesehatan ibu dan anak terutama di pedesaan. Bukti perhatian itu ditunjukkan dengan menempatkan bidan di hampir semua desa yang ada di daerah itu.

"Dalam rangka meningkatkan pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak juga telah mengangkat dan menempatkan tenaga bidan di setiap desa agar dapat lebih intens memantau perkembangan kesehatan Ibu dan Bayi karena bidan adalah sahabat perempuan dalam siklus kehidupannya," ungkap Bupati Khristofel ketika memberikan sambutan dan membuka kegiatan Rapat Kerja (Raker) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Sumba Timur di Gedung Nasional, Rabu (31/5).

Orang nomor satu di Sumba Timur itu mengatakan, pemerintah pusat sampai pemerintah daerah mendorong masing-masing provinsi untuk merancang program yang sesuai dengan konteks dan karateristik daerahnya. Salah satu bentuk program Pemerintah Kabupaten Sumba Timur di bidang kesehatan melalui Dinas Kesehatan adalah pengangkatan dan menempatkan Bidan di desa-desa dalam rangka meningkatkan pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak.

"Bidan yang ditempatkan ini diharapkan dapat bersikap profesional dalam memberikan pelayanan yang juga ditunjang dengan peningkatan kualitas diri baik melalui Pendidikan formal dan non formal," kata Bupati dan berharap agar para bidan dapat selalu mengembangkan ilmu sesuai dengan perkembangan Ilmu dan Teknologi yang ada dalam bidang kesehatan.

Pada kesempatan itu, bupati yang juga Mantan Kadisdukcapil Sumba Timur ini menyampaikan profisiat kepada para bidan di daerah itu dan selamat menjalankan Rakercab tahun 2023 dalam rangka mendukung percepatan penurunan AKI, AKB dan Stunting di Kabupaten Sumba Timur.

"Saya selaku pribadi maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur sangat mengapresiasi Organisasi IBI sebagai mitra pemerintah yang selalu mendukung Program dalam berbagai kegiatan khususnya Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)," katanya.

Bupati berharap agar ke depannya IBI Kabupaten Sumba Timur dapat berkembang dengan baik sesuai dengan visi dan misi organisasi sebagai media yang dapat menambah spirit kerja bagi para anggotanya.

"Jadilah organisasi yang profesional, independen, unggul dan berkualitas. Selamat menjalankan Rapat Kerja. Semoga Rakercab ini dapat menghasilkan hal-hal yang sifatnya konstruktif demi kemajuan dan kualitas 473 bidan yang ada di Sumba Timur," pintanya.

Hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Asisten Administrasi Umum pada Setda Kab. Sumba Timur, Sekretaris Pengurus Daerah IBI NTT, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sumba Timur, Ketua dan Pengurus Cabang IBI Sumba Timur, para Pimpinan Perangkat Daerah terkait serta para Bidan. (*/yl)

  • Bagikan