Tundukan Tuan Rumah, Unwira Juara Futsal FKIP Cup II UKAW

  • Bagikan
HADIAH. Dekan FKIP UKAW Kupang, Dr Andreas JF Lumba menyerahkan piala bergilir kepada tim futsal Unwira Kupang yang berhasil mempertahankan gelar juara pada turnamen futsal FKIP Cup II UKAW, di Lapangan Utama UKAW (17/10). (INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Tim futsal UNWIRA Kupang berhasil mempertahankan gelar juara I pada Turnamen futsal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Cup II Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) 2023.

Memastikan diri sebagai juara bertahan setelah menundukan tim FH21 FC (tim tuan rumah) di laga final dengan skor 2:1. 

Pertandingan antar mahasiswa se Kota Kupang ini berlangsung meriah. Penonton dari masing-masing tim memenuhi tribun lapangan UKAW untuk memberikan dukungan kepada timnya.

Terdapat empat tim yang berhasil melaju ke babak final yakni tim UPG 45 vs Keringat FC (tim IAKN Kupang) untuk merebut juara III, sedangkan Unwira Kupang berhadapan dengan  FH21 FC memperebutkan juara I.

Tim UPG 45 memastikan diri meraih gelar juara III setelah menundukan IAKN Kupang dengan skor 4:3.

Laga final baru dilanjutkan setelah dilakukan upacara penutupan. Dekan FKIP UKAW Kupang, Dr Andreas JF Lumba bertindak sebagai pembina upacara. Tampak hadir Wakil Dekan III Fakultas Hukum UKAW, Otlief Jannes Ricard Wewo, SH., M.Hum.

Tim Unwira yang menguasai bola sejak kick off babak pertama. Usaha tim yang mengenakan kostum hijau-hitam ini baru berhasil membuka keunggulan terlebih dahulu melalui pemain nomor punggung 4 pada menit ke-8. Skor tidak berubah hingga jeda waktu.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah berusaha bangkit dan melancarkan serangan balasan. Satu peluang diperoleh pemain nomor punggung 22 namun sayang, tendangannya masih melebar dari gawang lawan yang saat itu tanpa penjaga.

Memanfaatkan kelengahan pertahan tim tuan rumah, tim Unwira melakukan serangan balik dan kembali membobol gawang lawan di menit ke-7 babak kedua.

Dalam pertandingan dengan tensi tinggi ini, wasit harus mengeluarkan sebanyak empat kartu kuning dan satu kartu merah untuk pemain Unwira.

Tim FH21 FC baru memperkecil ketertinggalannya di menit terakhir. Namun perubahan skor tersebut tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Dekan FKIP UKAW Kupang, Dr Andreas JF Lumba usai penyerahan hadiah kepada para juara menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh tim yang telah berpartisipasi memeriahkan turnamen tersebut.

Dikatakan turnamen ini menjadi agenda tahunan di fakultas dengan tujuan untuk mempersatukan para mahasiswa, tidak hanya di lingkungan UKAW tetapi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta se kota kupang.

"Permainan futsal ini sebagai media untuk mempererat persatuan, persaudaraan dan hubungan sosial dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dimana saja kita berada," katanya.

Kepada para pemain agar tetap berlatih untuk kembali mengikuti pertandingan atau event berikutnya. "Kalah bukan berarti tidak dipakai tetapi lewat kekalahan ini kita terus berlatih untuk terus maju. Bagi yang menang, bukan berarti berhenti berlatih tetapi ini sebagai motivasi awal untuk terus berprestasi," pesannya.

Untuk diketahui, turnamen futsal FKIP CUP II UKAW ini dilangsungkan sejak tanggal 6-17 Oktober 2023. Event yang diikuti 42 tim ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Dr. Filmon Mikson Polin, SH.,MH.

Usai pertandingan, dilanjutkan dengan acara seremonial penyerahan hadiah kepada para juara. (r3)

  • Bagikan