Kompetisi Atletik Pelajar Terbesar Hadir di Kota Kupang 

  • Bagikan
ISTIMEWA

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air segera hadir di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan bertajuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers, kompetisi tersebut akan digelar pada 26-28 Oktober 2023, di Stadion Oepoi, Kupang, NTT.

Uniknya, SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik yang memang diperuntukkan bagi pemula. Sehingga, pelajar non atlet profesional diperbolehkan ikut serta. 

Diselenggarakannya Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers, mendapatkan dukungan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi, S.Pd.,M.Pd.

Menurut Linus, kompetisi atletik tersebut dapat menjaring bibit atlet potensial. Khususnya dari sektor pendidikan.

"Dengan adanya kejuaraan ini, memberi kesempatan emas kepada siswa, kepada pelatih, guru olahraga, agar pelajar memiliki pengalaman bertanding maupun berlomba. Tujuannya agar mereka mengetahui juga. Kemudian menghilangkan demam panggung pada anak-anak, ketika mengikuti event tersebut," jelas Linus Luis.

Linus menghimbau agar kepala sekolah dan guru-guru olahraga di kota maupun kabupaten untuk mengikuti Energen Champion SAC Indonesia. Mulai dari SD, SMP dan SMA. 

"Dengan gerakan ini, kita dorong pengembangan olahraga yang baik di sekolah. Kita ingin agar guru olahraga hingga kepala sekolah dapat mengoptimalkan. Klub-klub mini diaktifkan," lanjutnya. 

Buat kamu yang ingin mengikuti SAC Indonesia, jangan sampai terlewat untuk mendaftar. Kamu bisa langsung mendaftarkan diri melalui website www.sacindonesia.com atau melakukan registrasi secara offline dengan menghubungi admin Bali Nusra Qualifiers di nomor: 0813 3329 7465.

Pendaftaran untuk Bali Nusra Qualifiers masih dibuka sampai Sabtu, 21 Oktober 2023. Pastikan kamu telah melakukan registrasi dan mengumpulkan berkas yang telah menjadi persyaratan peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. 

Nantinya, para pelajar Bali dan Nusa Tenggara dapat mengikuti lima main event yang telah disediakan. Yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta supporting event, yakni Kids’ Athletics'.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*/r3)

  • Bagikan