Wisudawan Harus Terus Berinovasi dan Kreatif

  • Bagikan
HUMAS NTT FOR TIMEX POSE BERSAMA. Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake pose bersama wisudawan terbaik dan senar dalam Wisuda Diploma III ATK Kupang, Sabtu (9/12)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Para wisudawan yang telah menyelesaikan masa pendidikannya di perguruan tinggi diharapkan bisa terus mengembangkan inovasi dan kreativitasnya. Hal itu ditegaskan Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake ketika menghadiri prosesi Wisuda Diploma III ke-39 Tahun 2023 Akademi Teknik Kupang (ATK) di Aula El Tari, Sabtu (9/12).

Menurutnya, saat ini tengah memasuki era 4.0 dengan kemampuan Artificial Intelligence (AI) yang terus berkembang pesat. Semakin banyak pekerjaaan yang selama ini dikerjakan dengan tenaga manusia akan digantikan oleh mesin atau robot.

"Untuk itu, saya mengharapkan agar para wisudawan/ti tidak cepat puas dengan gelar akademik yang diperoleh pada hari ini,” tegas Ayodhia.

Wisudawan perlu untuk terus mengembangkan diri melalui inovasi dan kreativitas di kampus kehidupan, karena dunia yang akan dihadapi penuh dengan disrupsi yang tak terduga.

"Jangan biarkan seorangpun menganggap kalian rendah, tetapi tunjukanlah bahwa kalian patut dihargai dan diteladani," ujarnya.

Untuk membangun NTT ke depan, dibutuhkan tenaga-tenaga terampil yang memiliki pengetahuan, keterampilan serta berdedikasi untuk memajukan daerah dengan optimalisasi potensi-potensi yang dimiliki baik di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan, pariwisata, energi baru dan terbarukan serta berbagai potensi lainnya.

“Peran ahli madya teknik tentu dibutuhkan untuk merancang dan membangun jaringan infrastruktur jalan, jembatan, pengairan dan gedung yang kokoh dan berkelanjutan untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah," katanya.

Karena itu, Ayodhia mengajak para wisudawan terus berkolaborasi untuk NTT Maju dan Sejahtera dengan menghasilkan sumber daya manusia NTT yang berkualitas.

Untuk diketahui, pada kesempatan ini juga diumumkan tiga orang wisudawan terbaik pada Wisuda Diploma II ATK ke -39 atas nama, yakni Yuliana Lanam, Hermanus Tanmenu dan ketiga Susanti Suan. (cr1/thi)

  • Bagikan