MENUJU MASA DEPAN BRILIANT

  • Bagikan
Ilustrasi

TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - HAI nyong/nona SMA/SMK, sebentar lagi kita akan menyelesaikan sekolah. Sudah punya rencana mau ngapain setelah lulus? Kuliah atau langsung terjun ke dunia kerja, semuanya seru! Buat kalian yang excited buat kuliah, ada banyak jurusan kekinian di Era Digital. Biaya kuliah? No problem! Beasiswa dari pemerintah dan swasta bisa jadi penyelamat, atau mungkin coba ke sekolah kedinasan, gratis plus jaminan kerja!

Nah, buat yang mau ngejar karir secepat kilat, tambahin skill kalian dengan kursus/sertifikasi. Supaya keputusan lebih asik cek website universitas, sekolah vokasi, atau langsung tanya guru di sekolah. Masa depan keren menanti, yuk kita siap-siap buat petualangan baru yang seru!

10 JURUSAN KEKINIAN ERA DIGITAL

1. Jurusan Matematika

Fondasi penting dalam mengelola big data. Peluang karir: dosen, analis data, ahli keuangan, statistik, dan lainnya.

2. Jurusan Teknik Informatika

Terapkan logika matematika dalam dunia teknologi. Prospek karir: full stack developer, desainer grafis, data scientist, dan lainnya.

3. Jurusan Teknik Elektro dan Robotik

Profesional di bidang ini berada di jalur yang tepat. Prospek karir: project engineer, software engineer, machine learning engineer, dan lainnya.

4. Computer Science

Mempelajari algoritma, pemrograman, dan sistem digital. Prospek kerja: software engineer, web developer, data scientist, dan lainnya.

5. Desain dan Seni Rupa

Kembangkan kreatifitas dan kemampuan teknis. Prospek kerja: seniman visual, desainer grafis, animator, dan lainnya.

6. Cyber Security

Belajar tentang sistem dan jaringan keamanan cyber. Prospek kerja: information security analyst, cyber security consultant, java programmer dan lainnya.

7. Psikologi

Menyelami ranah ilmu psikologi. Prospek kerja: HRD, konsultan karir, psikolog dan lainnya.

8. Hukum

Pahami praktik dan teori hukum. Prospek kerja: pengacara, jaksa, analis intelijen, dan lainnya.

10 PILIHAN PEKERJAAN BERGENGSI LULUSAN SMA

1. Kreator konten

Era digital membuka peluang bagi kreator konten seperti Youtuber, Tiktokker, atau admin media sosial. Syarat: mahir dalam editing foto/video, fotografi dan memahami tren media sosial.

2. Polisi dan TNI

Menjadi perwira polisi, intel polisi, atau militer adalah opsi yang menantang. Syarat: kunjungi https://penerimaan.polri.go.id/ dan https://ad-rekrutmen-tni.mil.id/berita/persyaratan/bintara-ad untuk informasi lebih lanjut.

3. Pramugara/Pramugari

Profesi pramugara/pramugari memungkinkan untuk bepergian ke seluruh dunia. Syarat: ikuti sekolah khusus pramugari atau pastikan memiliki tinggi minimal 158-160 cm.

4. Customer Service

Tugas customer service melibatkan penyelesaian masalah melalui berbagai saluran komunikasi. Syarat: komunikatif, ramah dan solutif.

5. Data Entry

Pekerjaan ini melibatkan penginputan data dalam jumlah besar. Syarat: Mahir menggunakan microsoft office dan teliti.

6. Staf Administrasi

Cocok untuk yang lebih suka bekerja di belakang layar. Melibatkan pengelolaan data dan dokumen. Syarat: Menguasai perangkat lunak Microsoft office.

7. Pengajar Bimbel

Bagi yang suka mengajar, menjadi pengajar bimbel adalah pilihan. Syarat: memahami kurikulum, ilmu terkait dan memiliki metode mengajar menarik.

8. Teknisi Komputer

Kebutuhan teknisi komputer terus meningkat. Syarat: Paham perangkat keras, perangkat lunak dan jaringan komputer.

9. Kasir

Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan bisa di berbagai tempat seperti toko, restoran atau supermarket. Syarat: teliti dan mahir berhitung.

10. Bisnis Online

Mulai bisnis online dari berjualan produk hingga sistem dropship. Syarat: kreatif dan gigih, banyak ilmu bisa dipelajari dari sumber-sumber online seperti Youtube.

SEKOLAH KEDINASAN: PINTU-PINTU KARIR BERPRESTASI

Selain universitas, jangan lewatkan opsi seru dari sekolah kedinasan! Di sini kita bahas sekolah kedinasan yang bakal bikin karirmu bersinar. Sekolah ini ngajarin calon pegawai negeri sipil (PNS) atau anggota dinas tertentu. Persiapkan dirimu untuk seleksi ketat, seperti tes tertulis, fisik, psikologi dan wawancara. Ini dia sekolah kedinasan gratis yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
Website: https://www.ipdn.ac.id/

2. Poleknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)
Website: https://www.pknstan.ac.id/

3. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Kementerian Hukum (Poltekip)
Website: https://www.poltekip.ac.id/

4. Politeknik Imigrasi (Poltekim)
Website: https://www.poltekim.ac.id/

5. Polteknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTDI)
Website: https://www.ptdisftd.ac.id/

6. Politeknik Penerbangan Indonesia
Website: https://www.ppicurug.ac.id/

7. Politeknik Perkeretaapian Indonesia
Website: https://www.ppi.ac.id/

8. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
Website: https://www.stipjakarta.ac.id/

9. Politeknik Statistika STIS
Website: https://spmb.stis.ac.id/

10. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi & Geofisika (STMKG)
Website: https://www.simas.stmkg.ac.id/spmbfront/

11. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
Instagram: @rekrutmenstin

12. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)
Website: https://www.poltekssn.ac.id/

SEKOLAH VOKASI PENUH PELUANG

Nyong dan Nona, selain universitas, coba pertimbangkan sekolah vokasi yang seru! Di sini kita bahas beberapa pilihan kece!

1. Penyiaran

Mulai dari media massa elektronik hingga online. Prospek kerja: Presenter, penyiar televisi/radio, produser program, digital content creator, dan lainnya.

2. Pariwisata

Sektor pariwisata Indonesia melesat! Prospek kerja: Agen wisata, hospitality, pelayaran, wedding organizer, dan masih banyak lagi.

3. Administrasi Perkantoran

Pelajari operasional perusahaan dan manajemen tempat kerja. Prospek kerja: Public relation, guru, PNS, resepsionis, wirausaha, manajer perkantoran dan lainnya.

4. Perpajakan

Ahli pajak sangat dibutuhkan. Pelajari tata cara perpajakan, akuntansi pajak hingga menghitung Pph. Prospek kerja: akuntan pajak, konsultan pajak, hakim pajak, guru, auditor pajak dan lainnya.

5. Analis Medis

Pahami pelayanan pemeriksaan medis, teknik laboratorium dan penentuan penyakit. Prospek kerja: teknisi laboratorium klinis, ahli patologi, pembuatan obat, dan lainnya.
Prospek kerja: teknisi laboratorium klinis, teknisi alat kesehatan, ahli patologi, dosen, membuka laboratorium diagnostik, pembuatan obat, peneliti makanan dan gizi, dll.

6. Radiologi

Pelajari fisika radiasi, fisiologi dan analisis. Prospek kerja: radiografer, ahli terapis radiologi, peneliti dan masih banyak lagi. Siapkan dirimu untuk petualangan karir yang seru di dunia vokasi! (ads)

  • Bagikan