Lulusan SMKN 5 Kupang Mulai Dilirik Perusahaan

  • Bagikan
POSE BERSAMA. Presiden Direktur PT. Zeus Prima Garda, Chandra W. Soemitro dan Vivien M. Liando Direktur Marketing (tengah) pose bersama Safirah C Abineno dan mitra lainnya saat workshop di Aula Jurusan TET SMKN 5 Kupang, Kamis (14/12). (INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID-Menjadi sekolah penggerak Teknik Energi Terbarukan (TET) di Nusa Tenggara Timur (NTT), berbagai perusahaan swasta mulai menaruh perhatian kepada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Kupang.

Sebanyak tiga alumni jurusan TET angkatan ke-3 diterima sebagai karyawan pada PT Zeus Prima Garda yang bergerak di bidang kelistrikan.

Presiden Direktur PT. Zeus Prima Garda, Chandra W. Soemitro didampingi Vivien M. Liando Direktur Marketing membenarkan perekrutan tiga orang alumni SMKN 5 Kupang untuk berkarya pada perusahaan miliknya.

Dikatakan, perusahaannya akan menempatkan karyawan baru tersebut pada pembangunan menara pengukuran. Selain itu, adanya kerjasama dengan Jawa Barat untuk maintenance alat sehingga akan dilibatkan.

“Semoga mereka bisa bekerja secara baik dan jika sudah berpengalaman bisa kembali dan membangun daerah,” ujarnya.

Ia menyebut, ketiga karyawannya itu dipilih karena memiliki kemampuan pada bidang TET.

“Dua orang lainnya memang pernah praktek di perusahaan kita sehingga kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Memang seleksinya melibatkan sekolah,” sebutnya.

Disebutkan bahwa perekrutan ini menjadi domino efek bagi perusahaan-perusahaan lain untuk merekrut lulusan-lulusan dengan kemampuan yang luar biasa ini.

“Kemampuan siswa dibidang kelistrikan ini tidak perlu diragukan lagi sehingga perusahaan-perusahaan lain juga bisa melirik mereka,” pintanya.

Kepala SMKN 5 Kupang, Safirah C. Abineno mengaku bersyukur dan apresiasi kepada pihak perusahaan yang sudah merekrut alaminya. Kesempatan ini tidak dimiliki semua sekolah dan alumni karena kemampuan alumninya itu tidak perlu diragukan lagi.

“Ini menunjukan bahwa kepercayaan industri terhadap kualitas lulusan itu ada,” katanya.

Selain PT. Zeus Prima Garda, pihak sekolah juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lainnya sehingga kedepan diharapkan lulusan dapat terserap di industri.

“Kami yakin bahwa pruduk lulusan kami akan terserap di dunia kerja sebab mereka memiliki kemampuan pada bidang keahlian masing-masing,” sebutnya.

Lanjut Safirah, ketiga alumninya Risky Rivaldo Ido, Dana Iskhabul Mulyono dan Avrillia Virlivina Ndolu akan akan menjadi bagian dari PT. Zeus Prima Garda pada Januari mendatang dengan gaji standar UMR DKI Jakarta.

Dana Iskhabul Mulyono mengaku kaget dan merasanya tidak percaya dengan kesempatan tersebut. Ia sangat bersyukur atas semua upaya dan kerja keras dari guru-gurunya yang sudah mendidiknya.

“Ini seperti mimpi. Saya sangat bersyukur karena tidak sia-sia menuntut ilmu di SMKN 5 Kupang ini,” ungkapnya.

Senada juga disampaikan Avrillia Virlivina Ndolu bahwa sebelum masuk ke sekolah, jurusan TET merupakan jurusan baru dan ia ragu-ragu memilih jurusan tersebut. Namun ketika belajar tentang kelistrikan banyak hal menarik dan memiliki tantangan sendiri untuk dipelajari.

“Saya perempuan dan tidak dibayangkan kalau saya mampu belajar dan bisa direkrut oleh perusahaan asal Jakarta. Saya sangat bangga” katanya.

Risky Rivaldo Ido pada kesempatan tersebut memberikan tips dan motivasi kepada siswa-siswi yang tengah menuntut ilmu pada jurusan TET agar tekun belajar karena kedepan keahliannya sangat menjanjikan.

“Belajar yang giat. Kalau saat praktek tunjukan kemampuan dan harus rajin karena perusahaan akan menilai semuanya dan ketika tamat perusahaan bisa merekrut kembali,” katanya. (r3/thi)

  • Bagikan