Aset Baru Bangsa, Dapat Penghargaan dari Pemprov

  • Bagikan
RESTI SELI/TIMEX PENGHARGAAN. Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake ketika memberi penghargaan kepada Davis M. Damaledo, di Aula Dinas Kominfo NTT, Senin (22/1)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan penghargaan kepada Davis Marthin Damaledo, siswa kela XII SMAN 5 Kupang yang menemukan spesies serangga ranting baru bernama Nesiophasma sobesonbaii.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake kepada Davis di Aula Dinas Kominfo NTT, Senin (22/1).

"Ada penghargaan dari Pemprov atas dedikasinya menemukan spesies serangga baru," ucap Ayodhia sembari memberikan penghargaan kepada Davis.

Penemuan Davis tersebut akan didaftarkan oleh Pemprov NTT sebagai Hak Paten, yang merupakan tugas dari Bappetlitbangda.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi mengatakan, siswa seperti Davis merupakan aset yang luar biasa yang perlu dibimbing, oleh sekolah, orang tua dan Dinas. Bahkan, Linus menyebut akan membantu Davis ke jenjang pendidikan berikutnya.

"Beasiswa kalau dia tamat (sekolah) dan tidak ada dana, pemprov ambil alih," tegas Linus.

Linus menegaskan, prestasi ini diharapkan dapat memotivasi para siswa untuk belajar mengenai teknik penelitian. Tak lupa, juga butuh dukungan dari orang tua, komite dan sekolah. Sementara itu, Guru Pendamping, Felipe Lomi Ga menyebut, SMAN 5 Kupang sangat berbangga dan terus mendukung para siswanya untuk berkreasi dan berprestasi.

"Pihak sekolah tetap mensupport ketika dia menemukan informasi tentang serangga tersebut," jelasnya.

Apalagi, penelitian tersebut telah tembus jurnal internasional, Davis pun diberi ruang untuk mempresentasikan hasil temuannya kepada siswa kelas 10-12.

"Karakter seperti ini yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Anak-anak diberi ruang untuk berkreasi dan berprestasi," pungkasnya.

Davis sendiri mengatakan, proses mulai dari menemukan hingga terpublikasikan penemuannya tersebut berlangsung selama dua tahun. Menurutnya, Serangga Ranting memiliki keunikan tersendiri yang membuat dirinya ingin mencari tahu lebih dalam.

"Terus saya belajar lebih dalam, kebetulan ada beberapa kenalan peneliti yang mensupport penelitian kami sehingga bisa terpublikasi. Ini penemuan spesies baru, yang sebenarnya sudah ada sejak dulu, tapi tidak ada yang menelitinya," terang Davis.

Ia pun merasa senang dan bangga serta berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya. Lanjutnya, ia akan melanjutkan apa yang telah dimulainya. Davis pun berharap, ada dukungan dari pemerintah untuk mendukung dan memperhatikan siswa-siswa yang berprestasi.

"Minta dukungan dari pemprov untuk bisa mensupport dan merekomendasikan kedepannya seperti apa, barangkali beasiswa dan lain sebagainya," tutupnya. (cr1/thi)

  • Bagikan