Menguji Hasil Pemusatan Latihan

  • Bagikan
pssi.org ARAHAN. Indra Sjafri didampingi Bima Sakti dalam salah satu sesi latih Timnas U-20, jelang laga menghadapi Thailand U-20.

JAKARTA,TIMEX.FAJAR.CO.ID – Setelah melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC) selama dua bulan, kekuatan tim U-20 Indonesia akan diuji. Skuad Garuda Muda bakal melakoni pertandingan persahabatan internasional melawan Thailand malam ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, (kickoff pukul 19.30 WIB).

Ini akan menjadi uji coba internasional perdana Indonesia U-20 setelah TC sepekan di Qatar (22–29 Desember), yang dilanjutkan di Jakarta sejak 1 Januari. Selain melawan Thailand U-20, Garuda Muda bakal menjamu Uzbekistan U-20.

Pelatih Indonesia U-20 Indra Sjafri menyatakan tidak melakukan persiapan khusus.
’’Ini bagian dari proses pembentukan tim U-20. Di mana sebelumnya kita melakukan beberapa uji coba internal game dan lawan klub Liga 1 yang di Jakarta,’’ katanya di Stadion Madya, Jakarta, tadi malam.

Menurut Indra, fungsi uji coba ada dua. Yakni, untuk memberikan stimulus kepada pemain dan melihat kemampuan para pemain setelah melakukan TC sejak akhir tahun lalu. Baik kemampuan individual, tim, maupun cara menjalankan taktikal.

Itu semua dilakukan Indra untuk mencari pemain terbaik.
’’Karena sebelumnya kita mencari pemain terbaik itu lewat tes-tes yang sudah kita lakukan di awal dengan mengambil profil medis, fisik, dan psikologi mereka. Dan sekarang sampai ke tahap bagaimana kita bisa melihat kualitas para pemain bermain dengan tim-tim yang berlainan negara,’’ bebernya.

Selama uji coba nanti, setiap tim diperbolehkan mengganti pemain sebanyak 12 orang. Tapi hanya bisa dilakukan dalam tiga kesempatan.

Tak jauh berbeda dengan Indonesia U-20, kubu tamu juga memiliki tujuan serupa. Pelatih Thailand U-20 Yuki Richard Stalph ingin menjadikan laga uji coba malam ini untuk mengetahui seberapa besar perkembangan para pemain.

Apalagi, Stalph baru menangani tim sejak akhir Desember lalu. ’’Kami ingin melihat bagaimana semua pemain akan menghadapi konsep baru dan bagaimana mereka bermain bersama,’’ tuturnya. ’’Saya ingin para pemain benar-benar membuktikan diri bahwa mereka adalah pilihan yang tepat. Karena jelas kami memiliki banyak sekali pemain berbakat di Thailand yang tidak dapat melakukan perjalanan kali ini,’’ ungkap Stalph. (drw/c17/ali/jpg/rum)

  • Bagikan