Xavi Kibarkan Bendera Putih

  • Bagikan
NET RESMI MUNDUR. Xavi Hernandez resmi menyatakan pengunduran dirinya akhir musim ini, usai Barcelona dikalahkan Villareal dinihari kemarin.

Resmi Mundur Akhir Musim Ini meski
Baru Perpanjang Kontrak 4 Bulan Lalu

BARCELONA,TIMEX.FAJAR.CO.ID – ”Ada seseorang menanyakan tentang peluangku menjadi Sir Alex-nya FC Barcelona. Mustahil. Itu tidak akan terjadi.”
Begitu nukilan pernyataan Xavi Hernandez kepada Mundo Deportivo setelah Barca kalah 3-5 oleh Villarreal CF dalam jornada ke-22 LALIGA kemarin (28/1).

Pernyataan pelatih 44 tahun itu seperti meresmikan rumor Xavi yang akan mundur pada akhir musim ini. Rumor yang berembus setelah Barca kehilangan dua potensi gelar hanya dalam dua pekan. Kalah 1-4 oleh rival abadi Real Madrid dalam final Supercopa de Espana (15/1) lalu dieliminasi Athletic Bilbao 2-4 dalam perempat final Copa del Rey.

Kekalahan oleh Villarreal CF juga menipiskan peluang Barca mempertahankan juara LALIGA. Blaugrana –sebutan lain FC Barcelona– sudah tertinggal 10 poin (44-54) oleh Real setelah sama-sama memainkan 21 pertandingan.

Usai laga di Estadi Olimpic Lluis Companys tersebut, ujung kesabaran Xavi habis. Meski baru memperpanjang kontrak hingga musim panas 2024 pada September 2023 atau empat bulan lalu, Xavi memutuskan akan meletakkan jabatannya per 30 Juni mendatang.

”Xavi telah mengatakan kepada saya bahwa dia akan pergi pada akhir musim dan dia ingin menyelesaikan sisa musim ini dengan upaya semaksimal mungkin,” kata Presiden Barca Joan Laporta di laman resmi klub.
”Saya menerima keputusan itu karena Xavi yang mengusulkannya. Keputusan itu bukan dari klub,” imbuh pria yang menjanjikan Xavi sebagai entrenador dalam pemilihan presiden Barca tiga tahun silam itu.

Perlu diketahui, sejak Xavi menangani Barca per 6 November 2021, total sudah EUR 256,4 juta (Rp 4,4 triliun) dihabiskan klub asal Catalan tersebut untuk membeli pemain di bursa transfer. Jauh melebihi belanja pemain Real Madrid, yakni EUR 209,5 juta (Rp 3,6 triliun).

Artinya, manajemen Barca sudah memberikan upaya terbaik bagi Xavi untuk memperkuat skuad. Sebab, keuangan Barca sebenarnya tidak dalam kondisi ideal.

Pengumuman mundur Xavi lebih awal memberikan kesempatan bagi para petinggi Barca mencari suksesor yang diinginkan pada musim depan. Kandidat yang beredar, antara lain, Thiago Motta (Bologna FC), Rafael Marquez (Barca B), Michel (Girona FC), dan Imanol Alguacil (Real Sociedad).

Terpisah, beberapa pemain Barca disebut masih mengharapkan Xavi terus melatih mereka. Masih ada sisa waktu 4 bulan untuk membuat Xavi berubah pikiran.

”Ini salah kami, para pemain. Jika hasil yang didapat tidak sesuai ekspektasi, maka itu salah kami. Tidak ada keraguan terhadap Xavi dan stafnya. Mereka melakukan pekerjaan bagus selama ini,” beber gelandang Barca Frenkie de Jong seperti dikutip Marca. (io/c17/dns/jpg/rum)

  • Bagikan