Melawan Ratonera Jilid Kedua

  • Bagikan
NET VINICIUS JE. Tampa Bellingham, Vinicius jr, bisa diandalkan Madrid di lini depan.

LEIPZIG, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Jude Bellingham selalu jadi kreator gol Real Madrid selama fase grup Liga Champions. Dari 13 gol yang dilesakkan Real dalam lima laga bersama Bellingham, 7 gol di antaranya ada peran gelandang 20 tahun berkebangsaan Inggris tersebut. Perinciannya, mencetak 4 gol dan membukukan 3 umpan gol.

Dini hari nanti (14/2), tidak ada Bellingham dalam skuad Real yang bertandang ke Red Bull Arena, kandang RB Leipzig (RBL), dalam first leg 16 besar Liga Champions (siaran langsung SCTV/Champions TV 1/Vidio pukul 03.00 WIB). Pemain yang musim ini total mengoleksi 20 gol dalam 29 penampilan itu mengalami cedera engkel saat Real menang 4-0 atas Girona FC di LALIGA (11/2).

Bellingham sebenarnya sudah ditarik keluar pada menit ke-57 dan digantikan Brahim Diaz. Ternyata, mengacu hasil pemeriksaan lanjutan kemarin (12/2), cederanya parah dan pemuncak El Pichichi di LALIGA itu diperkirakan menepi sampai tiga pekan ke depan.

Tanpa Bellingham, berarti misi Real lepas dari ”perangkap tikus” yang bernama Red Bull Arena akan lebih berat.
”Tragedi Ratonera”. Begitu istilah yang ditulis surat kabar Mundo Deportivo untuk Red Bull Arena. Ratonera dalam bahasa Spanyol berarti perangkap tikus.

Tragedi Ratonera mengacu kekalahan Los Merengues –sebutan Real– di markas RBL dalam matchday kelima fase grup musim lalu (26/10/2022).
Kala itu Nacho Fernandez dkk takluk dengan skor 2-3. Minus Bellingham, berarti kekuatan Real relatif sama seperti musim lalu.

Yang berbeda adalah RBL. Tidak ada lagi gelandang Dominik Szoboszlai yang pindah ke Liverpool FC. Second striker Christopher Nkunku pun menyeberang ke Chelsea. Bek Josko Gvardiol melengkapi trio pemain Die Roten Bullen –julukan RBL– yang pindah ke Premier League seiring berkostum Manchester City.

Der trainer RBL Marco Rose juga kehilangan gelandang Konrad Laimer ke Bayern Munchen serta meminjamkan striker Andre Silva ke Real Sociedad dan bek kiri Angelino ke Galatasaray. Pemilik nomor 10 Emil Forsberg pun sudah angkat kaki ke New York Red Bulls di bursa transfer musim dingin bulan lalu.

Kekuatan RBL pun bertumpu kepada pemain muda seperti striker Lois Openda (23 tahun) dan Benjamin Sesko (20 tahun). Duet lini serang yang telah membukukan total 29 gol dari 30 laga yang dilakoni RBL di berbagai ajang musim ini. Termasuk dua gol yang dilesakkan Openda dan Sesko dalam laga terakhir RBL ketika ditahan seri 2-2 oleh FC Augsburg di Bundesliga akhir pekan lalu (10/2).

”Real memiliki banyak pemain hebat dengan level dunia meski tanpa Bellingham. Berbeda dengan kami yang mengandalkan banyak pemain muda,” tutur Rose kepada Bild.

Marca dalam analisisnya menyebutkan, Ratonera jilid kedua dini hari nanti merupakan penegasan kemampuan taktikal entrenador Real Carlo Ancelotti menyiasati absennya Bellingham sebagai mesin gol tim.
”Ancelotti yang sesungguhnya dinantikan,” tulis Marca. (ren/c19/dns/jpg/rum)

  • Bagikan