Tingkat Partisipasi Pemilih, Siswa Pemilih Pemula Jangan Golput

  • Bagikan
Linus Lusi

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 segera dilakukan. Tak sedikit siswa SMA, SMK dan SLB akan terlibat memberikan suara sebagai pemilih pemula di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi, S.Pd.,M.Pd mengimbau kepada seluruh siswa agar terlibat mensukseskan pemilu serentak.

“Saya selaku Kadis P dan K Provinsi NTT menghimbau agar para pemilih pemula di SMA, SMK dan SLB agar gunakan hak pilih secara demokratis dan sesuai hati nurani,” katanya.

Linus juga mengajak para siswa agar tidak golput karena satu suara menentukan kehidupan berbangsa dan bernegara serta perjalanan pendidikan nasional ke depan.

“Jangan golput dalam pemilihan umum 14 Februari 2024. ingat satu suara sangat menentukan,” ungkapnya.

Selain para siswa, ia juga menekankan kepada para kepala sekolah yang selama ini telah memfasilitasi perekaman KTP kepada para siswa pemilih pemula agar mengawal sampai siswa memberikan hak suaranya.

Dalam kunjungan kerja di sejumlah sekolah di daratan Timor dan Sumba, para siswa kelas XII berusia 17 tahun yang belum ber-KTP, para kepala sekolah berkoordinasi dengan dukcapil untuk urus perekaman KTP ternyata sangat efektif.

“Tujuannya agar partisipasi pemilih NTT dari pemilih pemula meningkat dari sektor pendidikan yang tersebar di 1.005 sekolah di NTT yang jadi kewenangan Pemprov NTT,” pungkasnya. (cr6/thi)

  • Bagikan