Pengenalan Kelembagaan dan Bangun Kesadaran Isu HAM

  • Bagikan
RESTI SELI/TIMEX POSE BERSAMA. Perwakilan Komnas HAM dan Wakil Rektor I Unwira serta mahasiswa pose Bersama, Rabu (6/3).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang bekerja sama dengan Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia menyelenggarakan Komnas HAM Goes to Campus dengan tema

“Pengenalan Kelembagaan Komnas HAM dan Kesadaran Isu HAM: Hak Atas Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi”, di Aula Sto. Hendrikus, Gedung Rektorat, pada Rabu (6/3).

Kegiatan tersebut menghadirkan Wakil Ketua Eskternal Komnas HAM, Abdul Haris Semendawi, dan Dosen Fakultas Hukum Unwira, Ferdinandus Ngau Lobo sebagai narasumber serta Paranata Humas Ahli Madya, Sasanti Amisani sebagai moderator. Turut hadir Wakil Rektor I Unwira, para dekan, ketua program studi, dosen, serta mahasiswa Unwira.

Wakil Rektor I Unwira, Samuel Igo Leton mengatakan, HAM adalah hak yang melekat pada setiap individu sebagai karunia Tuhan yang tidak terbatas oleh perbedaan jenis kelamin, agama, ras, maupun budaya.

Dia menyampaikan, sebagai insan akademis, pihaknya bertanggung jawab untuk mendukung terciptanya lingkungan yang kondusif bagi kehidupan manusia serta menjamin hak dan kebebasan individu.

“Upaya untuk mendudukkan HAM pada tempat yang semestinya, sesungguhnya merupakan tanggung jawab semua elemen dan bukan semata-mata dilimpahkan kepada Komnas HAM saja. Karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman baru bagi kita semua dalam memperjuangkan luhurnya martabat manusia. Sebagai lembaga perguruan tinggi, Unwira juga sangat mendukung berbagai program dan kegiatan yang dibuat oleh Komnas HAM,” katanya.

Ia berharap, semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini, semakin banyak dosen dan mahasiswa yang sadar akan nilai-nilai luhur hak asasi manusia, termasuk di dalamnya menjamin hak semua orang untuk bebas berpendapat dan berekspresi.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Komnas HAM yang telah memilih Unwira sebagai tuan rumah. (cr1/thi)

  • Bagikan