RSUD R.T Notopuro Sidoarjo Jadi Hospital Base Tempat Pendidikan Bagi Para Dokter Spesialis

  • Bagikan
PELETAKAN BATU PERTAMA. Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Al Quds RSU Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan, Sidoarjo, Sabtu (9/3). (Pemkab Sidoarjo)

JAKARTA,TIMEX.FAJAR.CO.ID-Warga Sidoarjo patut berbangga memiliki rumah sakit dengan kelas nasional. Selain mengantongi standar rumah sakit tipe A, RSUD R.T Notopuro juga bakal menjadi hospital base atau tempat pendidikan bagi para dokter spesialis di Indonesia.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, RSUD R.T Notopuro tidak hanya rujukan pasien tetapi juga menjadi tempat rujukan pendidikan dokter spesialis (hospital base). Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Sidoarjo mendukung program hospital base yang dicanangkan Kementerian Kesehatan.

Menurut dia, pemerataan dokter spesialis di Indonesia terutama di daerah benar-benar diperlukan masyarakat termasuk di Sidoarjo.

”Pendidikan dokter spesialis berdasar rumah sakit (hospital base) membuat peluang bertambahnya jumlah dokter spesialis dan membantu percepatan pemenuhan dokter spesialis di Indonesia, khususnya di Sidoarjo,” ucap Gus Muhdlor.

Setelah peresmian RSUD R.T Notopuro yang sebelumnya RSUD Sidoarjo menjadi RS tipe A, Gus Muhdlor berharap agar Sidoarjo menjadi garda depan RS rujukan. Baik rujukan pasien ataupun rujukan pendidikan dokter spesialis.

”RS R.T Notopuro di Sidoarjo saat ini tidak kalah bagus dengan RS lain. Fasilitas alat kesehatan, gedung, dan SDM, yang dimiliki RS ini sudah lengkap dan bagus,” imbuh Gus Muhdlor.

Sementara itu, perluasan gedung baru RSU Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan sebagai mitra kerja sama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo diharapkan dapat membantu dan mendukung hospital base untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Sidoarjo.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Sidoarjo Fenny Apridawati menjelaskan, RS Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan adalah partner Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan.

”Pemkab Sidoarjo akan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan instansi-instansi swasta di Kabupaten Sidoarjo, kami juga akan membuka tangan dengan siapa saja yang ingin bekerja sama dengan Pemkab Sidoarjo,” papar Fenny. (jpc/thi)

  • Bagikan