Sekuat Tenaga Lindungi Vini

  • Bagikan
NET BRACE. Vinicius Jr. saat merayakan golnya ke gawang Osasuna.

PAMPLONA,TIMEX.FAJAR.CO.ID - Bulan ini jadi salah satu fase terberat bagi wide attacker Real Madrid Vinicius Junior. Itu menyangkut rentetan serangan rasial kepadanya. Ironisnya, justru itu diawali dari Real yang mengaku tidak sengaja mengunggah foto Vini di Instagram resmi mereka tetapi di bagian bawahnya terdapat kalimat "Vini Vici".

Ternyata, kalimat itu merupakan logo dari duo DJ asal Israel. Tak sampai sejam sejak diunggah, akhirnya unggahan kontroversial tersebut dihapus.

Sebenarnya, itu bertujuan bahwa kehadiran Vini berpengaruh besar terhadap kemenangan pertandingan Real merujuk ungkapan terkenal "Veni, vidi, vici". Yang jadi masalah, beserta dua kata itu terdapat lima siluet bayangan semacam evolusi manusia dari kera.

The Athletic melansir bahwa Vini marah dan awalnya enggan main kontra Valencia CF (3/3) di Estadio Mestalla. Tetapi, dia tetap main dan malah mencetak brace pada laga yang berkesudahan 2-2 itu.
Tahun lalu, Vini mendapatkan serangan rasial di tempat yang sama. Seusai mencetak brace, di tribun penonton Valencia juga tampak sosok dengan gestur yang menghujatnya.

Yang paling konyol terjadi sebelum laga antara Atletico Madrid dan Inter Milan berlangsung pada second leg 16 besar Liga Champions (14/3). Di luar Civitas Metropolitano, oknum suporter Atletico juga menyerang Vini secara rasial. Padahal yang mereka hadapi adalah Inter.

"Saya harap Anda telah menyiapkan sanksi yang tepat. Ini sangat menyedihkan karena bahkan aku tidak main di laga itu!" cuit Vini sekaligus menandai UEFA seperti dilansir Forbes.
"Jika aksi itu terjadi di dalam stadion, komisi disiplin akan menindaknya," jawab juru bicara UEFA.

Real memang telah merilis pernyataan terkait hal itu. Tetapi, Vini terlanjur kecewa. Selain itu, Real juga terkesan lamban dalam menyikapi sejumlah serangan rasial bagi Vini dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut yang mengindikasikan bahwa Vini mulai tidak betah di Real.

Keresahan Vini bisa dipahami. Sebab, dia selalu maksimal berkontribusi terhadap Real. Terhitung sejak kontra Valencia atau empat laga terakhir di bulan ini, Vini selalu menghiasinya dengan kontribusi gol. Tepatnya, 6 gol dan 1 umpan gol.

Total, saat ini dia mengemas 18 gol 8 umpan gol dari 28 laga di semua ajang. Kian mendekati performa terbaiknya di dua musim terakhir. Yakni 23 gol 21 umpan gol musim lalu dan 22 gol 20 umpan gol dua musim lalu. Bagaimana pun, Los Merengues sangat bergantung terhadap kontribusi gol Vini.

Selain harus cepat pasang badan jika Vini kembali diserang secara rasial, Real juga harus membuatnya nyaman ketika di lapangan. Salah satunya bisa dilihat nanti jika Kylian Mbappe jadi merapat per musim panas ini. Striker berjuluk Donatello itu harus lebih banyak fokus di posisi nomor 9 lantaran di sisi kiri sudah ada Vini. Padahal, selama ini area operasional Mbappe juga diawali dari sisi kiri.

"Kita semua tahu betapa berbahayanya Vini di lapangan. Suporter lawan menerornya dan pemain lawan juga banyak menekelnya. Tetapi, dia selalu rendah hati dan hanya fokus untuk hasil maksimal tim ini," ujar entrenador Real Carlo Ancelotti kepada Marca. (io/ady/jpg/rum)

HASIL LALIGA (17/3)

Osasuna vs Real Madrid 2-4

(Budimir 7, Munoz 90+1/Vinicius 4, 64; Carvajal 18; Brahim 61)

RCD Mallorca vs Granada CF 1-0

(Raillo 85)

Real Sociedad vs Cadiz CF 2-0

(Merino 28, Zakharyan 68)

Getafe CF vs Girona FC 1-0

(Santiago 33)

Athletic Bilbao vs Deportivo Alaves 2-0

(Guruzeta 32, 37)

Penalti gagal: Rioja 31 (Deportivo Alaves)

  • Bagikan