Gol Tunggal Egy Maulana Vikri ke Gawang Vietnam Bawa Timnas Indonesia Naik ke Posisi Dua

  • Bagikan
Pemain Vietnam berusaha menghadang pergerakan pemain Indonesia dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 di SUGBK, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3) malam. (FOTO: FAJAR)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 di Grup F antara Indonesia vs Vietnam telah berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3) malam WIB. Hasilnya, Timnas Merah Putih sukses mengoleksi tiga angka berkat gol tunggal penyerang Egy Maulana Fikri di menit ke-51.

Satu-satunya gol kemenangan bagi Timnas Indonesia ini diciptakan Egy memanfaatkan kemelut di depan gawang berawal dari lemparan ke dalam oleh Pratama Arhan dari sisi kanan gawang Vietnam. Dengan raihan tiga angka ini, Timnas Garuda sukses naik satu tingkat ke peringkat kedua klasemen Grup F menggeser posisi Vietnam yang turun ke peringkat tiga.

Sebagaimana tersaji dalam laga malam tadi, sepanjang babak pertama kedua tim bermain cukup alot dan bahkan bisa dikatakan sulit untuk bisa menciptakan peluang.

Pada 10 menit awal pertandingan tim tamu Vietnam lebih dominan menguasai jalannya pertandingan. Bahkan, beberapa peluang berhasil tercipta. Sementara Indonesia sendiri masih sangat kesulitan untuk mengembangkan permainan dan menembus lini belakang lawan.

Peluang pertama di dapatkan skuad Garuda melalui Rafael Struick di menit ke-30. Namun, sepakannya masih tepat di penjaga gawang Vietnam.

Dua menit berselang kembali Indonesia mengancam, kali ini melalui umpan silang Yakob Sayuri namun masih mampu di halau oleh pemain belakang lawan. Setelah itu tensi pertandingan kembali menurun dan kedua tim lebih banyak berduel di lapangan tengah permainan.

Timnas Vietnam bahkan hampir saja membobol gawang Indonesia di menit ke-44. Namun, kesigapan dari pemain belakang masih mampu menghalau serangan. Sampai peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama di bunyikan tidak ada gol yang tercipta, skor 0-0 menutup babak pertama.

Masuk babak kedua, Timnas Indonesia langsung bermain menekan dan mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu.

Indonesia akhirnya berhasil memecahkan kebuntuhan di menit ke-51 melalui Egy Maulana Vikri yang berhasil memanfaatkan umpan lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Tiga menit berselang Indonesia kembali mendapatkan peluang. Sayang umpan silang dari Marselino Ferdinan gagal di manfaatkan oleh Jay Idzes.

Setelah gol tersebut skuad Garuda terlihat lebih menekan. Di menit ke-69 peluang kembali hadir. Namun, sepakan dari Struick masih tepat di pelukan kiper lawan.

Di 10 menit terakhir pertandingan babak kedua, Timnas Vietnam terlihat menekan dan menciptakan beberapa peluang.

Pada menit ke-90 Indonesia kembali mendapatkan peluang emas. Sayang, sepakan Egy Maulanan Vikri memanfaatkan umpan silang Arhan masih mampu di tepis.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan di bunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta. Indonesia berhasil menang 1-0 atas Vietnam. (Erfyansyah/fajar/aln)

  • Bagikan